SURVEI PROSES PELAKSANAAN EVALUASI PENJASORKES DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN UNGARAN BARAT DAN UNGARAN TIMUR


Adji Bagus Panuntun , 6101405589 (2010) SURVEI PROSES PELAKSANAAN EVALUASI PENJASORKES DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN UNGARAN BARAT DAN UNGARAN TIMUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PROSES PELAKSANAAN EVALUASI PENJASORKES DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN UNGARAN BARAT DAN UNGARAN TIMUR]
Preview
PDF (SURVEI PROSES PELAKSANAAN EVALUASI PENJASORKES DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN UNGARAN BARAT DAN UNGARAN TIMUR) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam Pendidikan, evaluasi memegang peranan yang sangat penting karena dengan evaluasi pendidik atau guru dapat mengetahui tingkat keberhasilan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang diberikan. Peneliti tertarik untuk meneliti bagaimanakah proses pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh guru Penjasorkes di SMP Negeri se-Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan evaluasi yang dilakukan guru Penjasorkes di SMP Negeri se-Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur pada pada tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah guru Penjasorkes di SMP N 1 Ungaran, SMP N 2 Ungaran, SMP N 3 Ungaran, SMP N 4 Ungaran, dan SMP N 5 Ungaran sebanyak 10 orang. Metode Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian dari tiap-tiap aspek evaluasi Penjasorkes yaitu aspek fungsi evaluasi (63%) termasuk dalam kriteria kurang baik, aspek tujuan evaluasi (72%) termasuk dalam kriteria cukup baik, aspek syarat-syarat evaluasi (84%) termasuk dalam kriteria baik, aspek sasaran atau objek evaluasi (96 %) termasuk dalam kriteria sangat baik, aspek kesiapan guru dalam melaksanakan evaluasi (74%) termasuk dalam kriteria cukup baik, aspek langkah-langkah pokok dalam melakukan evaluasi (65%) termasuk dalam kriteria cukup baik, aspek teknik dalam melakukan evaluasi (65%) termasuk dalam kriteria cukup baik, aspek penentuan komponen nilai (63%) termasuk dalam kriteria kurang baik, aspek faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai akhir (68%) termasuk dalam kriteria cukup baik. Dari persentase tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa guru Penjasorkes di SMP Negeri se-Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur belum melaksanakan kegiatan evaluasi dengan maksimal. Hal ini dapat diketahui dari dua aspek yang mendapat kriteria kurang baik yaitu pada aspek fungsi evaluasi dan aspek penentuan komponen nilai. Saran yang dianjurkan peneliti adalah (1) Bagi para guru Penjasorkes di SMP Negeri se-Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur hendaknya lebih meningkatkan kualitas pembelajaran agar tujuan dari tiap-tiap program pengajaran yang diharapkan dapat tercapai. (2) Bagi mahasiswa Penjasorkes hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut tentang proses pelaksanaan evaluasi Penjasorkes agar dapat memperoleh hasil penelitian yang lebih luas, sehingga diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pendidikan jasmani
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 27 May 2011 07:27
Last Modified: 25 Apr 2015 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2680

Actions (login required)

View Item View Item