PENGARUH PENDEKATAN JOYFUL LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA


Ria Rahayu Pangestika , 4301412003 (2016) PENGARUH PENDEKATAN JOYFUL LEARNING PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301412003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan hendaknya diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif. Pelaksanaan pembelajaran yang diselenggarakan secara menyenangkan dapat memberikan efek positif terhadap capaian hasil belajar siswa. Namun, kenyataan yang dihadapi di lapangan sering tidak sesuai dengan harapan. Suasana pembelajaran kimia yang membosankan dan tidak menyenangkan menjadikan siswa malas, mengantuk, sering ijin keluar kelas, tidak memperhatikan pelajaran, bahkan siswa yang merasa tidak nyaman dengan pembelajaran akan melakukan hal-hal yang dapat menganggu proses pembelajaran. Berdasarkan laporan hasil ujian nasional di salah satu SMA tahun ajaran 2014/2015 nilai rata-rata ujian kimia paling rendah dibandingkan dengan nilai ujian mata pelajaran yang lain. Penguasaan siswa terhadap materi kimia karbon juga paling rendah hanya mencapai 43,18. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, besar pengaruh dan bagaimana respon siswa terhadap penggunaan pendekatan joyful learning pada materi hidrokarbon. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X.7, X.8, X.9 dan X.10 semester 1 tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 149 siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest control group dengan sampel kelas X.8 dan kelas X.9 SMA yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan joyful learning, sedangkan kelas X.9 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran seperti biasa. Data dikumpulkan melalui metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Hasil analisis data menunjukkan thitung (3,10) > ttabel (1,99), hal ini berarti bahwa pendekatan joyful learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan besarnya pengaruh sesuai dengan koefisien korelasi sebesar 0,45 dan koefisien determinasi sebesar 20,4%. Persentase rerata nilai psikomotorik siswa kelas eksperimen dan kontrol sebesar 91,03% dan 82,25%. Persentase rerata nilai afektif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 84,00% dan 82,48%. Respon siswa sangat baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan joyful learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan joyful learning, pengaruh, hasil belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 12:04
Last Modified: 17 Oct 2017 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26799

Actions (login required)

View Item View Item