PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION


Muhammad Awaludin Noor , 4301411100 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIA 3 SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA DENGAN METODE GROUP INVESTIGATION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411100.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Wawancara dan observasi awal terhadap guru dan siswa di SMA Islam Sudirman Ambarawa menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIA 3 masih tergolong rendah. Guru masih kesulitan mengembangkan model pembelajaran dengan pendekatan saintifik, sehingga proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Hal ini membuat aktivitas siswa cenderung pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Alternatif pemecahan masalah yang ditawarkan adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode group investigation (GI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa XI MIA 3. Indikator keberhasilan penelitian ini tercapai jika sebesar proporsi tiga perempat dari jumlah siswa mencapai KKM sebesar 68 untuk aspek kognitif, serta sebesar proporsi tiga perempat dari jumlah siswa mendapat kategori baik untuk aspek afektif dan psikomotorik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Islam Sudirman Ambarawa pada tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pokok bahasan yang dipelajari pada siklus I yaitu larutan penyangga, sedangkan pokok bahasan yang dibahas pada siklus II yaitu kelarutan dan hasil kali kelarutan. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada siklus I secara berurutan yaitu 32%, 72% dan 68%. Hasil belajar pada siklus I belum memenuhi indikator sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus II. Persentase hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik siswa secara berurutan yaitu 80%, 88%, dan 92%. Hasil belajar pada siklus II sudah mencapai indikator sehingga penelitian dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIA 3 dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode GI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, group investigation, penelitian tindakan kelas.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2017 19:34
Last Modified: 16 Oct 2017 19:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26797

Actions (login required)

View Item View Item