PENGEMBANGAN CHEMISTRY HANDOUT BERSTRATEGI PROBLEM BASED SOLVING BERVISI SETS UNTUK KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR STOIKIOMETRI


Ami Korniawati , 4301411086 (2016) PENGEMBANGAN CHEMISTRY HANDOUT BERSTRATEGI PROBLEM BASED SOLVING BERVISI SETS UNTUK KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR STOIKIOMETRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411086.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

strategi Problem Based Solving, visi SETS. Meningkatkan pencapaian kompetensi yang menjadi indikator dalam kajian mutu pendidikan di Indonesia dapat dilakukan melalui pengadaan bahan ajar yang bemutu dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Chemistry Handout berstrategi Problem Based Solving (PBS) bervisi SETS sebagai bahan ajar inovatif yang valid, efektif dan mendapat respon baik dari peserta didik. Rumusan masalah yaitu apakah Chemistry Handout valid, dan efektif untuk pembelajaran stoikiometri serta bagaimana respon peserta didik terhadap penggunaan Chemistry Handout. Metode penelitian menggunakan Research and Development model 4D yang direduksi menjadi 3D. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi dan ahli media, soal pre-test dan soal post-test, lembar observasi penilaian afektif dan psikomotor serta angket respon. Validitas Chemistry Handout diperoleh dari hasil validasi ahli dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Validitas isi mendapatkan nilai 93,33 dengan kriteria sangat valid dan menunjukan bahwa Chemistry Handout memiliki kesesuaian dengan strategi PBS, kesesuaian dengan visi SETS dan kompetensi dasar stoikiometri. Validitas pada aspek media mendapatkan nilai 95 dengan kriteria sangat valid dan menunjukkan bahwa Chemistry Handout telah disusun sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakter peserta yang dinilai dapat mendorong peserta didik untuk aktif menggali pengetahuan, bekerjasama dalam kelompok dan melakukan pemecahan masalah yang diintegrasikan dalam konteks SETS. Hasil analisis respon menunjukan bahwa Chemistry Handout mendapatkan respon dengan kriteria baik. Implementasi Chemistry Handout dilakukan pada 36 peserta didik kelas MIA X SMA dengan desain penelitian pre-test and post-test design. Hasil analisis implementasi Chemistry Handout menunjukan ketuntasan klasikal kelas mencapai 85,11 %, dan terdapat peningkatan yang signifikan antara hasil belajar pre-test dan post-test yang ditunjukan dengan thitung 10,43 lebih besar dari ttabel. .Perolehan skor pada setiap aspek penilaian afektif, psikomotor diskusi, dan praktikum mendapatkan skor dengan kriteria baik dan mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukan Chemistry Handout efektif membantu peserta didik mendapatkan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor yang baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berupa Chemistry Handout berstrategi PBS bervisi SETS mempunyai validitas dengan kriteria sangat valid dan mendapat respon baik dari peserta didik serta efektif digunakan dalam pembelajaran kimia untuk ketercapaian kompetensi dasar stoikiometri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chemistry Handout, ketercapaian kompetensi, stoikiometri
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2017 12:10
Last Modified: 16 Oct 2017 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26794

Actions (login required)

View Item View Item