PENGARUH PENERAPAN QUANTUM LEARNING BERPENDEKATAN SETS PADA KREATIVITAS MIND MAPPING SISWA SEBAGAI PENANDA PENCAPAIAN KOMPETENSI TERKAIT KOLOID


Eka Septianingsih , 4301411078 (2016) PENGARUH PENERAPAN QUANTUM LEARNING BERPENDEKATAN SETS PADA KREATIVITAS MIND MAPPING SISWA SEBAGAI PENANDA PENCAPAIAN KOMPETENSI TERKAIT KOLOID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411078.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Terdominasinya pembelajaran oleh guru (teacher center) membuat siswa kurang memberi respons terhadap proses pembelajaran. Proses pembelajaran kimia belum mengembangkan kreativitas siswa seperti pembuatan mind mapping yang dapat digunakan sebagai penanda pencapaian tujuan pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh quantum learning berpendekatan SETS pada kreativitas mind mapping siswa terhadap pencapaian kompetensi koloid. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 7 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest-posttest, lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotorik. Sebelum penelitian, dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui kevalidan, reliabel, tingkat kesukaran, dan daya pembeda instrumen. Teknik analisis data menggunakan uji t satu pihak dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest-posttest kelas eksperimen sebesar 46 dan 81, sedangkan kelas kontrol sebesar 44 dan 77. Hasil uji t pihak kanan diperoleh harga t kritis hasil belajar kognitif 3,29 lebih besar dari ttabel 1,99 pada taraf signifikansi 5% yang berarti hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 25%. Hasil analisis aspek afektif dan psikomotorik menunjukkan rata-rata hasil belajar afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Simpulan penelitian ini adalah quantum learning berpendekatan SETS dengan kreativitas mind mapping siswa berpengaruh positif terhadap pencapaian kompetensi koloid yaitu berkontribusi sebesar 25%, sedangkan sisanya 75% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang diajukan diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan hasil penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Mind mapping; Pendekatan SETS; Quantum learning
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2017 12:05
Last Modified: 16 Oct 2017 12:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26793

Actions (login required)

View Item View Item