KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI HIDROKARBON KELAS XI


Noor Malikhah Muazizah , 4301411075 (2016) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DENGAN PENDEKATAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI HIDROKARBON KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi ini teknologi pendidikan berkembang lebih inovatif dan interaktif, seperti menerapkan pembelajaran berbasis komputer dan internet yang disebut dengan electronic learning (e-learning). Peneliti menggunakan e-learning berbasis Moodle sebagai media pembelajaran dengan pendekatan guided inquiry agar efektif terhadap hasil belajar. Hasil observasi awal di SMA Negeri 1 Purwodadi belum menggunakan e-learning berbasis Moodle dalam proses pembelajaran, padahal fasilitas untuk pengadaan e-learning berbasis Moodle sangat memadai seperti hospot area, LAN, projector, komputer dan sebagainya. Banyak keungulan dari e-learning berbasis Moodle dengan pendekatan guided inquiry ini menyebabkan penulis tertarik untuk melakukan penelitian eksperimen di sekolah tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan e-learning berbasis Moodle dengan pendekatan Guided Inquiry efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi hidrokarbon kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-learning berbasis Moodle dengan pendekatan guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi hidrokarbon kelas XI. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu diambil 2 dari 7 kelas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only control design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian psikomotorik, lembar penilaian afektif, dan soal posttest. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata satu pihak dan perhitungan ketuntasan belajar. Uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa thitung 2,53 lebih besar daripada tkritis 1,67. Artinya rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 83,33 dan 78,47. Hasil uji ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen sebesar 91,67% dan kelas kontrol sebesar 83,33%. Hasil analisis kualitatif afektif dan psikomotorik kelas eksperimen tiap aspeknya lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-learning berbasis Moodle dengan pendekatan guided inquiry efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi hidrokarbon kelas XI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-learning berbasis Moodle, pendekatan guided inquiry, hasil belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2017 12:01
Last Modified: 16 Oct 2017 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26792

Actions (login required)

View Item View Item