KEEFEKTIFAN MEDIA PANKAT (PAKET ANION KATION) BERBANTUAN WORKSHEET PACKAGE BERVISI SETS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENAMAAN SENYAWA ANORGANIK


Okta Rizki Hasanah , 4301411072 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA PANKAT (PAKET ANION KATION) BERBANTUAN WORKSHEET PACKAGE BERVISI SETS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENAMAAN SENYAWA ANORGANIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran PANKAT (Paket Anion Kation) berbantuan Worksheet Package bervisi SETS yang teruji valid, layak, dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan mendapat respon positif dari penggunanya. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Tahapan rancangan penelitian ini yaitu define, design, dan develop. Pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan metode observasi, angket, dan tes. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Validitas media yang dikembangkan ditinjau dari validitas penilaian pakar, sedangkan kelayakan media ditinjau dari data hasil tanggapan siswa dan guru. Hasil penilaian pakar menunjukkan bahwa media PANKAT memperoleh rata-rata skor 66 untuk aspek isi dan keterlaksanaan, 83 pada aspek visual dan mutu teknis, dan 19 pada aspek bahasa. Penilaian media Worksheet Package bervisi SETS memperoleh rata-rata skor 73 pada aspek isi dan penyajian, 30 pada aspek grafis, dan 29 pada aspek bahasa. Data hasil tanggapan siswa memperoleh skor sebesar 35 dari skor maksimal 40. Tanggapan guru kimia memperoleh skor sebesar 72 dari skor maksimal 80. Analisis hasil belajar kognitif menunjukkan rata-rata hasil posttest adalah 78, siswa yang tuntas sebesar 31 dari 38 siswa. Peningkatan hasil belajar kognitif sebesar 0,51 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil belajar afektif dan psikomotorik juga mendapat predikat sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan media PANKAT berbantuan Worksheet Package bervisi SETS yang dikembangkan teruji valid dan layak sebagai media pembelajaran, dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada penamaan senyawa anorganik serta mendapat respon positif dari guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, PANKAT, SETS, Worksheet
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2017 11:40
Last Modified: 16 Oct 2017 11:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26790

Actions (login required)

View Item View Item