KEEFEKTIFAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN PENDEKATAN MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN


Faradina Afni Nuroh , 4301411070 (2016) KEEFEKTIFAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN PENDEKATAN MIND MAPPING TERHADAP AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kimia merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan terutama pada materi yang berisi banyak rumus dan konsep yang membutuhkan pemahaman lebih tinggi seperti materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Kondisi ini berakibat pada aktivitas dan pemahaman konsep yang kurang maksimal. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menerapkan metode quantum learning berpendekatan mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode quantum learning dengan pendekatan mind mapping terhadap aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan pretest-posttest group design. Uji yang digunakan untuk pemahaman konsep adalah uji-t. Uji-t menunjukan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan metode quantum learning dengan pendekatan mind mapping mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal secara klasikal, dan lebih dari 85% atau 27 dari 31 siswa yang memperoleh treatment mencapai ketuntasan secara individu. Pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih baik daripada pemahaman konsep siswa kelas kontrol. Analisis aktivitas siswa di kelas eksperimen menunjukan hasil lebih dari 80 % atau 30 dari 31 siswa mencapai kriteria sangat baik dan terjadi peningkatan dari tiap tahap penilaian. Hasil observasi aktivitas siswa kelas eksperimen di laboratorium menunjukan 80% atau 25 dari 31 siswa mencapai kriteria sangat baik. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode quantum learning dengan pendekatan mind mapping efektif terhadap aktivitas dan pemahaman konsep siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Mind Mapping, Pemahaman Konsep, Quantum Learning.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2017 11:33
Last Modified: 16 Oct 2017 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26789

Actions (login required)

View Item View Item