PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBANTUAN CHEMPUZZLE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI KOLOID SISWA SMAN 2 KENDAL


Luki Widyastuti , 4301411064 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFUL LEARNING BERBANTUAN CHEMPUZZLE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATERI KOLOID SISWA SMAN 2 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (976kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan adalah lemahnya sistem pembelajaran. Penggunaan metode yang kurang tepat dapat menimbulkan kekurangpahaman siswa dalam penyerapan materi pelajaran. Siswa cenderung pasif dan akibatnya hasil belajar kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Joyfull Learning terhadap hasil belajar dan keaktifan materi koloid siswa kelas XI IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen, mendapat perlakuan dengan model pembelajaran Joyfull Learning dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol mendapat perlakuan dengan pembelajaran ceramah, diskusi dan tanya jawab. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Hasil analisis data rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 80,127, dan kelompok kontrol 71,657. Hasil uji perbedaan rata-rata ternyata ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis diperoleh besarnya koefisien korelasi biserial hasil belajar siswa (rb) sebesar 0,627, sehingga besarnya koefisien determinasi (KD) adalah 39,31%. Hasil observasi terhadap ranah afektif, psikomotorik dan keaktifan diperoleh nilai rata-rata eksperimen ≥ 70. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran Joyfull Learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar materi koloid siswa SMA Negeri 2 Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Joyfull Learning, Keaktifan, Hasil Belajar Kimia
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2017 11:30
Last Modified: 16 Oct 2017 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26788

Actions (login required)

View Item View Item