PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNISI SISWA SMA


Wahyu Widi Istiani , 4301411060 (2016) PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNISI SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi kondisi awal diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Pembelajaran kimia di sekolah masih dominan berpusat pada guru, sehingga tidak memberikan kesempatan yang luas bagi siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran yang demikian menyebabkan metakognisi siswa kurang berkembang sebagaimana harapan kurikulum 2013, untuk tingkat SMA senantiasa dikembangkan aspek prosedural metakognisi. Berbagai hasil penelitian menunjukkan terhadap PBL dapat meningkatkan metakognisi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan metakognisi siswa pada materi stoikiometri melalui pendekatan PBL. Pendekatan PBL dilakukan pada kelas X-MIA 3 SMA N 1 Karangtengah. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, kelas yang terpilih adalah kelas X-MIA 3 dan X-MIA 1. Kelompok eksperimen menerapkan model pembelajaran PBL dengan bantuan LKS sedangkan pada kelompok kontrol menerapkan model pembelajaran ceramah dan diskusi. Pengumpulan data, menggunakan metode dokumentasi, tes essay, dan angket. Kriteria peningkatan metakognisi siswa dapat diketahui dengan uji N-gain, diperoleh peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan indikator metakognisi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan nilai 0,45 dan 0,25. Pada hasil uji perbedaan rata-rata dperoleh thitung (8,05) > ttabel (1,67), hal ini berarti terdapat peningkatan metakognisi dan hasil belajar siswa secara signifikan antara sebelum dan sesudah penerapan PBL. Besar pengaruh pendekatan PBL untuk meningkatkan metakognisi siswa didapatkan dengan koefisien determinasi (KD) sebesar 95,88%. Hasil angket metakognisi siswa yang dimiliki kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol, bahwa rata-rata anak yang menjawab soal dalam kriteria metakognisi sudah berkembang sangat baik dari kriteria yang lain. Rata-rata nilai N-gain kelompok eksperimen sebesar 2,60 dan kelompok kontrol sebesar 2,40. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pengaruh pendekatan PBL untuk meningkatkan metakognisi siswa telah mencapai indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pendekatan Problem Based Learning (PBL), Metakognisi
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2017 11:26
Last Modified: 16 Oct 2017 11:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26787

Actions (login required)

View Item View Item