PENGARUH PENGGUNAAN WHOLE BRAIN TEACHING (WBT) BERBANTUAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK KIMIA UNSUR GOLONGAN UTAMA


Ifan Shovi , 4301411041 (2016) PENGARUH PENGGUNAAN WHOLE BRAIN TEACHING (WBT) BERBANTUAN BAHAN AJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK KIMIA UNSUR GOLONGAN UTAMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan metode Whole Brain Teaching (WBT) berbantuan bahan ajar terhadap hasil belajar siswa pada materi Kimia Unsur Golongan Utama yang diterapkan di SMA Negeri 4 Pekalongan. Desain penelitian yang digunakan yaitu posstest-only control design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, dengan kelas eksperimen menggunakan metode Whole Brain Teaching (WBT) berbantuan bahan ajar sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Analisis data kognitif menggunakan uji perbedaan rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, dan penentuan koefisien determinasi. Aspek afektif dan psikomotorik, dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diperoleh sebesar 4,89. Nilai ttabel diperoleh dari daftar distribusi t dengan n1 sebesar 36, n2 sebesar 36, dan taraf signifikan 0,05 sehingga sebesar 1,99. Analisis pengaruh antar variabel menghasilkan nilai koefisien korelasi biserial (rb) hasil belajar sebesar 0,736, sedangkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan penerapan Whole Brain Teaching (WBT) berbantuan bahan ajar sebesar 54,17 % terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Whole Brain Teaching (WBT) berbantuan bahan ajar berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa. vi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Whole Brain Teaching (WBT); Bahan Ajar; Hasil Belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Oct 2017 11:20
Last Modified: 16 Oct 2017 11:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26786

Actions (login required)

View Item View Item