TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM KEGIATAN KESAMAPTAAN DI SMK NEGERI 2 REMBANG
Sri Hidayah Istiyarti , 0202515036 (2017) TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM KEGIATAN KESAMAPTAAN DI SMK NEGERI 2 REMBANG. Masters thesis, Pascasarjana.
Preview |
PDF
Download (754kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan kesamaptaan di SMK Negeri 2 Rembang merupakan suatu aktivitas atau kegiatan taruna taruni untuk siap siaga baik secara fisik, mental maupun sosial dalam menghadapi segala kondisi. Peristiwa tutur ini melibatkan peran aktif antara senior dan junior dalam berinteraksi. Seorang senior diharapkan dapat menyampaikan idenya secara singkat, jelas, lengkap dan benar, serta tertata, dan dapat berkomunikasi dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) jenis tindak tutur apa sajakah yang terdapat pada tuturan direktif dalam kegiatan kesamaptaan SMK di Rembang, (2) fungsi tindak tutur direktif apa sajakah yang terdapat pada tuturan dalam kegiatan kesamaptaan SMK di Rembang dan (3) efek apa yang ditimbulkan oleh tuturan direktif yang terdapat dalam kegiatan kesamaptaan SMK di Rembang. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsi jenis tindak tutur direktif dalam kegiatan kesamaptaan, (2) mendeskripsi fungsi tindak tutur direktif dalam kegiatan kesamaptaan, dan (3) memaparkan efek tindak tutur direktif yang timbul dalam kegiatan kesamaptaan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan teoretis dan metodologis. Pendekatan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Pendekatan metodologis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini berupa penggalan tuturan dalam kegiatan kesamaptaan . Adapun sumber data pada penelitian ini adalah tuturan dalam kegiatan kesamaptaan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak yang dilanjutkan dengan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode heuristik dan metode penyajian hasil analisis datanya dengan metode informal. Hasil analisis data penelitian ini adalah (1) jenis tuturan direktif tindak langsung terdiri atas tindak tutur direktif langsung bermodus imperatif, tindak tutur direktif tidak langsung terdiri atas tindak tutur direktif tidak langsung bermodus deklaratif, tindak tutur direktif tidak langsung bermodus interogatif, tindak tutur harfiah tidak langsung. dan (2) fungsi tindak tutur direktif meliputi fungsi perintah, mengkomando, meminta, menyarankan. (3) efek tindak tutur direktif yang timbul dalam kegiatan kesamaptaan meliputi efek positif dan efek negatif. Efek positif tindak tutur direktif tersebut yaitu efek membuat lega, memberi dorongan, membuat bangga. Adapun efek negatif tindak tutur direktif dalam penelitian ini meliputi efek membuat takut. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut, saran yang dapat dikemukakan (1) dalam komunikasi berbahasa, mitra tutur hendaknya memperhatikan maksud dan tujuan yang ingin disampaikan oleh penutur sehingga dapat terjalin komunikasi yang lancar dan tepat, (2) hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh para peneliti bahasa selanjutnya sebagai referensi penelitian lain, khususnya penelitian tentang tindak tutur direktif, dan (3) peneliti bahasa lainnya diharapkan dapat melakukan dan mengembangkan penelitian bahasa yang lebih bervariasi dan mendalam dalam bidang kajian pragmatik maupun bidang kajian bahasa lainnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2 |
Depositing User: | A.Md Angga Rizky Purwandra |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 17:33 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 17:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26784 |
Actions (login required)
View Item |