PENGGUNAAN METODE THINK-PAIR-SHARE BERBANTU MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA N 1 TENGARAN


Jarot Mustika Aji , 4301411141 (2016) PENGGUNAAN METODE THINK-PAIR-SHARE BERBANTU MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI SMA N 1 TENGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301411141.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian eksperimen ini di latar belakangi oleh kurangnya minat siswa dalam pelajaran kimia. Kurangnya minat siswa akan menyebabkan pembelajaran pasif dan tidak efektif sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa, maka diperlukan suatu metode yang mampu mendorong siswa belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode think-pair-share berbantu mind mapping dalam pembelajaran kimia. Ragam penelitian yang dilakukan adalah true experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control group design. Sekolah yang dijadikan sasaran penelitian adalah SMA N 1 Tengaran dengan populasi siswa kelas XI sebanyak 4 kelas yang memiliki nilai varian yang sama atau homogen. Sampel yang digunakan diambil dengan metode cluster random sampling dengan mengambil sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil yang diperoleh berupa hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor. Data hasil penelitian dianalaisis menggunakan uji t dan skala persentase. Berdasarkan nilai post-test, didapatkan nilai rata-rata 65,78 untuk kelas eksperimen dan 45,06 untuk kelas kontrol dan hasil uji-t menunjukan bahwa post-test kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan nilai koefisien determinasi, dapat diketahui penggunaan metode think-pair-share berperpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa sebesar 50,41%. Hasil afektif kelas eksperimen sebesar 80,2 dengan kriteria baik dan 80,7 untuk kelas kontrol dengan kriteria baik. Hasil psikomotor kelas eksperimen sebesar 76,1 dengan kriteria baik dan 70,3 untuk kelas kontrol dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat penggunaan metode think-pair-share berbantu mind mapping dalam pembelajaran kimia materi kelarutan dan hasil kali kelarutan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar siswa; mind mapping; think-pair-share
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2017 11:50
Last Modified: 17 Oct 2017 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26781

Actions (login required)

View Item View Item