PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LERANING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON


Mastoni , 4301410050 (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LERANING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301410050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kimia merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada di Sekolah Menengah Atas. Mata pelajaran ini diberikan di kelas X, XI jurusan IPA dan XII jurusan IPA, mata pelajaran kimia juga mata pelajaran yang sudah diujikan dalam ujian nasional, sehinga hasil belajar kimia siswa harus baik. Penelitian dilaksanakan di SMA Institut Indonesia Semarang, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan CTL berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar, jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dan desain Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah postest only control design, yaitu penelitian dengan melihat pengaruh pemberian perlakuan (treatment), Hasil analisis data awal, dapat disimpulkan bahwa populasi penelitian berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil tersebut, penentuan sampel untuk populasi kelas X SMA Institut Indonesia Semarang yang terdiri dari 5 kelas yaitu X1 sampai X5 dapat menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen. hasil dari penelitian ini dilihat dari ketuntasan belajar klasikal dimana kelas eksperimen mendapat nilai ketuntasan 88,462% dari jumlah siswa 26 dan kelas kontrol 70,370 % dari jumlah siswa 27, ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan pendekatan CTL berbantuan media interaktif terhadap hasil belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, dan mendapat respon baik dari siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Media Interaktif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2017 13:30
Last Modified: 13 Oct 2017 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26776

Actions (login required)

View Item View Item