KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID


Khoeru Annisa , 4301409013 (2016) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4301409013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 mengharapkan pembelajaran di sekolah mampu mengembangkan potensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa dengan prinsip pembelajaran aktif, dan bermakna. Alternatif pembelajaran yang dapat digunakan adalah pembelajaran dengan pendekatan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) . Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Kimia di SMA Negeri 1 Ungaran diketahui bahwa pembelajaran belum mengukur keterampilan proses sains siswa dan kerja ilmiah belum pernah dilakukan, padahal sekolah memiliki fasilitas yang memadai untuk terlaksananya proses kerja ilmiah. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pendekatan POGIL pada materi Koloid terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Ungaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI-MIA SMA Negeri 1 Ungaran tahun pelajaran 2015/2016 menggunakan metode true-eksperimental dengan desain pre test and post test group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-MIA. Sampel penelitian ditentukan secara cluster random sampling, yaitu kelas XI-MIA 3 dan XI-MIA 5. Data penelitian diperoleh dengan teknik tes dan nontes berupa tes kognitif keterampilan proses sains, observasi psiomotorik keterampilan proses sains, observasi afektif, angket tanggapan siswa, dan angket tanggapan guru. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pembelajaran kelas eksperimen mencapai ketuntasan belajar klasikal tes kognitif keterampilan proses sains sebesar 88,89 % (32 dari 36 siswa) dan hasil observasi psikomotorik keterampilan proses sains berkategori baik (rata-rata 83,85) sedangkan pada kelas kontrol ketuntasan belajarnya hanya 70,27 % (26 dari 37 siswa) dan hasil observasinya berkategori cukup (rata-rata 64,13). Siswa kelas eksperimen memberikan tanggapan sangat baik terhadap pendekatan POGIL. Guru Kimia juga memberikan tanggapan sangat baik terhadap penerapan pembelajaran tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pendekatan Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) efektif terhadap keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar siswa pada materi Koloid di SMA Negeri 1 Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: POGIL, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Koloid
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2017 13:20
Last Modified: 13 Oct 2017 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26772

Actions (login required)

View Item View Item