SURVEI KREATIFITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMODIFIKASI SARANA PRASARANA PENJAS DI SMP SE–KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2015


Ikhsan Wahyu Wibowo , 6101411039 (2016) SURVEI KREATIFITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MEMODIFIKASI SARANA PRASARANA PENJAS DI SMP SE–KECAMATAN PLUPUH KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru Pendidikan Jasmani yang kreatif merupakan guru yang memiliki kemampuan untuk melahirkan sesuatu yang berupa gagasan maupun karya nyata baik dalam bentuk karya baru maupun kombinasi dengan karya yang sudah ada untuk memecahkan masalah dalam bidang Pendidikan Jasmani. Namun pada kenyataannya guru pendidikan jasmani memiliki kreatifitas yang masih minim. Rumusan masalah ini adalah Bagaimana Kreatifitas Guru Penjasorkes Dalam Memodifikasi Sarana Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Serta Modifikasi Lingkungan Di SMP Se- Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen Tahun 2015?. Apa saja sarana prasarana yang pernah di buat atau dimodifikasi oleh guru penjas di SMP se-Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreatifitas guru penjasorkes dalam memodifikasi sarana prasarana pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan serta modifikasi lingkungan disekitar sekolah. Modifikasi sarana prasarana apa saja yang pernah di buat oleh guru penjasorkes yang ada di SMP Se-Kecamatan Plupuh Kabuapten Sragen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, survei, angket, wawancara dan dokumentasi, peneliti akan mengemukakan hasil pengukuran data penelitian berupa data kuantitatif yang akan dihitung dengan teknik deskriptif presentase. Teknis analisis data deskriptif presentase dimaksudkan untuk mengetahui status variable. Hasil penelitian yang diperoleh secara keseluruhan kreatifitas guru pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen masuk dalam kategori baik dengan presentase sebesar 76,67% dibagi kedalam lima indikator yaitu kepekaan terhadap lingkungan dengan kategori baik, inisiatif dengan kategori cukup baik, memiliki kemempuan intelektualitas dengan kategori baik, sikap menonjolkan kebebasan dengan kategori baik, memiliki bakat berkreasi dengan kategori baik. Dari 6 sekolah yang ada, 4 diantarannya sudah terdapat modifikasi sarana prasarana penjas yang telah di buat oleh guru penjas di sekolahan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan judul “survei kreatifitas guru pendidikan jasmani terhadap modifikasi sarana prasarana penjas di SMP se-Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen tahun 2015” dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kreatifitas guru pendidikan jasmani di SMP se-Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen masuk dalam kategori kreatifitas yang baik dengan presentase sebesar 76,67%. Sebagian guru penjas telah memiliki kesadaran pentingnya melakukan suatu modifikasi demi kalcaran suatu pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan adalah bagi para guru diharapkan dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada dan lebih kreatif dalam memodifikasi materi pembelajaran maupun modifikasi sarana prasarananya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas Guru Pendidikan Jasmani, Modifikasi Sarana Prasarana
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2017 20:17
Last Modified: 12 Oct 2017 20:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26754

Actions (login required)

View Item View Item