PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN LOLIP-UP DALAM PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2015


ADYAN ARGADHIA HARTONO , 6101411038 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN LOLIP-UP DALAM PEMBELAJARAN PASSING ATAS BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 AMPELGADING KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran permainan bola voli bagi siswa SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang masih menghadapi kendala dan belum terlaksana secara optimal, Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya Dimana banyak peserta didik merasa bosan saat mengikuti pembelajaran bola voli,. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana “Produk Hasil Pengembangan Model Permainan Lolip-Up Dalam Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang Tahun 2015 ?. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa model Pengembangan Model Permainan Lolip-Up Dalam Pembelajaran Passing Atas Bola Voli Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg & Gall yaitu: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data (2) Merencanakan(planning), (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba Kelompok kecil (uji coba skala kecil) uji coba skala kecil dengan menggunakan 12 subyek uji coba, satu ahli penjas, dan dua ahli pendidikan jasmani. Selama uji coba diadakan pengamatan dan pengedaran angket atau kuesioner bagi ahli pendidikan jasmani maupun subyek, (5) revisi uji skala kecil berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil yang digunakan untuk perbaikan dan penyempurnaan terhadap produk awal, (6) uji coba Kelompok besar(Uji coba skala Besar) yaitu dengan 36 subyek uji coba, (7) penyempurnaan produk akhir (final produk reversion), (8)melaporkan hasil dalam bentuk pengolahan data kuesioner atau angket. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang berjumlah 36 siswa. Teknik analisis data adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 82,67% (baik), ahli pembelajaran I 81,33% (baik), dan ahli pembelajaran II 80% (baik), uji coba kelompok kecil(uji skala keci) 80.21 % (baik), uji coba kuesioner kelompok keci(skala kecil)80.77%, uji coba kelompok besar(skala besar) 86,11% (baik), dan uji coba kuesioner kelompok besar(skala besar) 86,67%, uji skala kecil dan uji lapangan mengalami kenaikan dengan selisih 5,9%. Simpulan dari penelitian, bahwa model permainan bola voli Lolip-up ini dapat digunakan pada pembelajaran siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ampelgading. Saran bagi guru penjas SMP Negeri 2 Ampelgading Kabupaten Pemalang permainan Lolip-up sudah bagus, sangat menarik minat anak untuk mengikuti pelajaran olahraga, dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes passing atas, dan disesuaikan dengan kondisi yang ada di Sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, permainan bola voli, Lolip-up
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2017 20:12
Last Modified: 12 Oct 2017 20:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26753

Actions (login required)

View Item View Item