UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN MINI VOLI CALL KELAS VII DI SMP EMPUTANTULAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Dwi Agustina , 6101411028 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA VOLI DENGAN PENERAPAN MINI VOLI CALL KELAS VII DI SMP EMPUTANTULAR SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar teknik dasar dalam permainan bola voli di SMP Emputantular Semarang masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari persentase tingkat serapan siswa terhadap materi teknik dasar dalam permainan bola voli yang hanya 20%. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan mini voli call dapat membantu meningkatkan hasil belajar teknik dasar dalam permainan bola voli bagi siswa kelas VII SMP Emputantular Semarang tahun pelajaran 2014/2015 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar dalam permainan bola voli melalui penerapan mini voli call bagi siswa kelas VII B SMP Emputantular Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 35 siswa. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, pemberian kuesioner, tes unjuk kerja serta dokumentasi berupa dokumen dan foto. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil presentase ketuntasan belajar pada siklus I, aspek Psikomotor 50,85% dengan rata-rata nilai 50,85 , aspek afektif 72 % dengan rata-rata nilai 72 dan aspek kognitif 75,71% dengan rata-rata nilai 75,71 meningkat pada siklus II menjadi, aspek psikomotor 80,00% dengan rata-rata nilai 71,6, aspek afektif 76,60% dengan rata-rata nilai 76,6 dan aspek kognitif 90,20% dengan rata-rata nilai 90,28. Hasil belajar pada siklus I yang dapat memenuhi KKM sebanyak 31,40% dari jumlah keseluruhan siswa dengan rata rata nilai 64,48 dan pada siklus II meningkat menjadi 80 % dari jumlah keseluruhan siswa dengan rata-rata nilai 78,7. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bola voli dengan penerapan mini voli call dapat meningkatkan hasil belajar bola voli pada siswa kelas VII. Saran bagi guru Pendidikan Jasmani di Smp Emputantular Semarang untuk memanfaatkan metode penerapan mini voli call dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Bola Voli, Mini Voli Call
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2017 19:48
Last Modified: 12 Oct 2017 19:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26750

Actions (login required)

View Item View Item