IDENTIFIKASI RESAPAN AIR TANAH DI KAWASAN UTARA PEGUNUNGAN KENDENG DAERAH SUKOLILO KABUPATEN PATI DENGAN METODE GEOLISTRIK


Junaedi Harmiansyah , 4211412040 (2016) IDENTIFIKASI RESAPAN AIR TANAH DI KAWASAN UTARA PEGUNUNGAN KENDENG DAERAH SUKOLILO KABUPATEN PATI DENGAN METODE GEOLISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211412040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian struktur bawah permukaan sangat diperlukan untuk konservasi air bawah tanah melalui identifikasi kawasan resapan air tanah di sekitar gua Bandung kawasan utara pegunungan Kendeng daerah Sukolilo Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan mengidentifiksasi resapan air tanah disekitar gua Bandung berdasarkan struktur bawah permukaan. Proses akuisisi menggunakan metode geolistrik multichanel 16 elektroda dengan konfigurasi dipol-dipol sebanyak tiga tempat, masing-masing tempat terdiri dari lintasan A, B, C sepanjang 150 meter dan pengolahan inversi menggunakan RES2DINV serta Surver 11 untuk memodelkan penampang 2D dan sayatan vertikal. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh nilai resistivitas batuan dasar lebih dari 1000 Ωm berupa batuan gamping fresh. Batuan dasar yang mengalami discontinuation mengakibatkan terbentuknya rekahan. Rekahan tersebut sebagai jalur masuk aliran air tanah menjadi air bawah tanah, yang ditandai dengan nilai resistivitas kurang dari 200 Ωm sebagai formasi aluvium mengisi discontinuation lapisan batuan dasar. Resapan air tanah di sekitar gua Bandung berasal dari rekahan yang terbentuk akibat pelapukan batuan dasar teridentifikasi di tempat pertama, kedua, dan ketiga, dengan struktur bawah permukaan tersusun oleh batuan aluvium, gamping terkarstifikasi, dan batuan gamping fresh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Geolistrik, Karst, Resapan Air Tanah, Pegunungan Kendeng.
Subjects: Q Science > QC Physics > Geophysics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2017 17:58
Last Modified: 12 Oct 2017 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26742

Actions (login required)

View Item View Item