PENENTUAN KADAR DAN DISTRIBUSI LOGAM BERAT PADA CUPLIKAN SEDIMEN SERTA TUMBUHAN DI SUNGAI KALIGARANG DENGAN METODE ANALISIS AKTIVASI NEUTRON (AAN)


Suparminingsih , 4211412039 (2016) PENENTUAN KADAR DAN DISTRIBUSI LOGAM BERAT PADA CUPLIKAN SEDIMEN SERTA TUMBUHAN DI SUNGAI KALIGARANG DENGAN METODE ANALISIS AKTIVASI NEUTRON (AAN). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211412039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kota Semarang mengalami pertumbuhan penduduk cukup signifikan. Pesatnya pertumbuhan penduduk berdampak pada meningkatkan pembangunan industri yang menghasilkan berbagai keuntungan serta kerugian, salah satunya menjadi sumber polutan yang dapat mencemari lingkungan. Polutan yang berbahaya bagi kesehatan manusia adalah logam berat, karena beracun dan tidak dapat digegradasi. Contoh pencemaran lingkungan akibat perkembangan industri di Kota Semarang adalah pencemaran di Sungai Kaligarang. Pemantauan kualitas Sungai Kaligarang sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar warga memanfaatkan Sungai Kaligarang untuk mencuci, memancing, dan sebagainya. Air Sungai Kaligarang juga dimanfaatkan sebagai sumber air baku PDAM Kota Semarang. Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menentukan jenis-jenis, kadar dan distribusi unsur logam berat yang terakumulasi pada cuplikan sedimen dan tumbuhan yang hidup di Sungai Kaligarang. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel sedimen dan tumbuhan di Sungai Kaligarang dari 7 titik lokasi. Sampel tersebut kemudian dijemur sampai kering, dihaluskan dan diayak supaya besarnya homogen. Sampel selanjutnya dimasukkan dalam vial polietilen dan dimasukkan dalam kelongsong. Sampel selanjutnya diiradiasi dalam reaktor sehingga bersifat radiaoktif dan memancarkan radiasi-

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: logam berat, sedimen, tumbuhan, AAN.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Pollution
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2017 17:44
Last Modified: 12 Oct 2017 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26741

Actions (login required)

View Item View Item