PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN BO BO KROM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BOJA KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015


Lafif Bagus Maulana , 6101411015 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN BO BO KROM PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BOJA KECAMATAN BOJA KABUPATEN KENDAL TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurang berkembangnya proses pembelajaran permainan bola besar khususnya permainan sepak bola di sekolah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan model pembelajaran sepak bola melalui permainan bo bo krom pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boja Kecamatan Boja Kabupaten Kendal? Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan model permainan bo bo krom dalam pembelajaran sepak bola. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang mengacu dari Borg & Gall yaitu: (1) Analisa kebutuhan didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka. (2) Perencanaan untuk mengembangkan produk awal. (3) Pembuatan produk awal. (4) Uji coba kelompok kecil pertama (10 siswa putra dan 10 siswa putri). (5) Revisi produk awal berdasarkan hasil dari evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran. (6) Uji coba kelompok kecil kedua (10 siswa putra dan 10 siswa putri). (7) Revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran. (8) Uji coba kelompok kecil ketiga (10 siswa putra dan 10 siswa putri). (9) Revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran. (10) Uji coba kelompok besar (20 siswa putra dan 20 siswa putri). (11) Produk akhir yang dihasilkan adalah model permainan bo bo krom bagi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boja. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil pertama diperoleh data evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran yaitu 87,71% (baik), dan hasil rata-rata keseluruhan respon siswa pada uji coba kelompok kecil pertama didapat persentase sebesar 88,67% (baik). Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil kedua diperoleh data evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran yaitu 89,52% (baik), dan hasil rata-rata keseluruhan respon siswa pada uji coba kelompok kecil kedua didapat persentase sebesar 88,5% (baik). Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil ketiga diperoleh data evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran yaitu 91,14% (sangat baik), dari hasil rata-rata keseluruhan respon siswa pada uji coba kelompok kecil ketiga didapat persentase sebesar 93,33% (sangat baik). Hasil uji coba kelompok besar diperoleh data evaluasi ahli penjas dan ahli pembelajaran yaitu 93,9% (sangat baik), dan hasil rata-rata keseluruhan respon siswa pada uji coba kelompok besar didapat persentase sebesar 94,75% (sangat baik). Berdasarkan hasil pengembangan model pembelajaran tersebut, maka dapat disimpulkan : (1) Model permainan bo bo krom yang telah dihasilkan dalam penelitian ini layak dan dapat digunakan bagi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal. (2) Model permainan bo bo krom dapat menjadi alternatif model pembelajaran penjasorkes yang efektif dan menyenangkan bagi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model Pembelajaran, Permainan Bo Bo Krom
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2017 15:44
Last Modified: 30 Oct 2017 15:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26738

Actions (login required)

View Item View Item