MANAJEMEN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANAPENJASORKES DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES


FINA ARDINA , 6101411001 (2015) MANAJEMEN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANAPENJASORKES DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101411001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berhasil dan tidaknya proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu guru dan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani sebagai alat untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar Sekolah.Faktor eksternal yaitu meliputi faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor masyarakat, Penelitian ini bertujuan mengetahui manajemen pengelolaan sarana prasarana yang di pakai di SDN di Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dan kuantitatif, Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Penjas Sekolah Dasar Negeri yang ada di Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dengan jumlah guru 81 orang, dan ukuran sampel ditentukan dengan cluster area sampling sebanyak 36 orang. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis dekspriptif. Hasil penelitian a) Perencanaan Sarana dan Prasarana Penjasorkes mendapat skor 92,3 dalam kategori baik, b) Pengorganisasian Sarana dan Prasarana Penjasorkes mendapat skor 62,6 dalam kategori cukup, c) Pelaksanaan Sarana dan Prasarana Penjasorkes mendapatkan skor 79,4 dalam kategori cukup, d) Pengawasan sarana dan prasarana penjasorkes mendapatkan skor 67,5 dalam kategori cukup Manajemen Pengelolaan Sarana dan Prasarana Penjasorkes yang dilakukan di SD Negeri Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes tergolong dalam keadaan baik walaupun masih ada satu, dua, tiga sekolah dasar yang belum melaksanakan manajemen pengolalaan sarana prasarana dengan baik. Berdasarkan penelitian ini disarankan Sarana dan prasarana Penjasorkes adalah salah satu alat yang dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah, oleh karena itu pengelolaan sarana prasarana penjasorkes harus dilakukan dengan optimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kepala sekolah hendaknya memiliki keingingan atau motivasi untuk melengkapi sarana prasarana penjasorkes sebagai bagian dari proses mencapai tujuan pendidikan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen pengelolaan, Sarana Prasarana, Penjasorkes
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2017 16:46
Last Modified: 12 Oct 2017 16:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26734

Actions (login required)

View Item View Item