PENGARUH PERIKLANAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN PENJUALAN PERSEORANGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK PERAHU SEKOCI PT. JATITENGAH PERDANA JAKARTA


Irfansyah Alkautsar , 7350406029 (2011) PENGARUH PERIKLANAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN PENJUALAN PERSEORANGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK PERAHU SEKOCI PT. JATITENGAH PERDANA JAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERIKLANAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN PENJUALAN PERSEORANGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK PERAHU SEKOCI PT. JATITENGAH PERDANA JAKARTA]
Preview
PDF (PENGARUH PERIKLANAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN PENJUALAN PERSEORANGAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK PERAHU SEKOCI PT. JATITENGAH PERDANA JAKARTA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam usahanya untuk meningkatkan laba, perusahaan perlu mengeluarkan anggaran biaya untuk melakukan bauran promosi. Bauran promosi tersebut terdiri dari periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, hubungan masyarakat dan publisitas. Untuk mencapai efektivitas, perusahaan perlu melakukan pengukuran dari pelaksanaan bauran promosi tersebut. Pengukuran itu dapat dilakukan dengan menggunakan indikator non finansial yaitu indeks kepuasan konsumen. Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini apakah periklanan, promosi penjualan, dan penjualan perseorangan secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen produk perahu sekoci PT. Jatitengah Perdana Jakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh periklanan, promosi penjualan, dan penjualan perseorangan terhadap kepuasan konsumen produk perahu sekoci PT.Jatitengah Perdana Jakarta secara parsial dan simultan. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen produk perahu sekoci PT.Jatitengah Perdana Jakarta yang berjumlah 40 perusahaan. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling dengan teknik judgement sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket), dokumentasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis, dan koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 12,958 + 0,174 X1 + 0,210 X2 + 0,267 X3. Koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,370, hal ini berarti 37 % kepuasan konsumen produk perahu sekoci PT.Jatitengah Perdana Jakarta dipengaruhi oleh periklanan, promosi penjualan, dan penjualan perseorangan, sedangkan sisanya 63% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Simpulan penelitian ini adalah ada pengaruh periklanan, promosi penjualan, dan penjualan perseorangan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan konsumen produk perahu sekoci PT. Jatitengah Perdana Jakarta. Disarankan untuk PT.Jatitengah Perdana agar selalu melakukan pengukuran dampak dari pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan terhadap konsumen, sehingga perusahaan dapat mengetahui apakah pelaksanaan bauran promosi yang dilakukan sudah membuat konsumen merasa senang atau tidak. Dengan itu perusahan dapat melakukan koreksi atas pelaksaan bauran promosi yang dilakukan, sehingga bauran promosi yang dilakukan perusahaan dapat memberikan nilai tambah tersendiri bagi konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Periklanan, Promosi Penjualan, Penjualan Perseorangan, dan Kepuasan Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 May 2011 04:46
Last Modified: 25 Apr 2015 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2673

Actions (login required)

View Item View Item