KAJIAN DAN ANALISIS PELAT TIMBAL (Pb) BEKAS TUTUP INSTALASI LISTRIK PADA ATAP RUMAH SEBAGAI BAHAN PROTEKSI RADIASI SINAR-X


Itsna Nuzula Rahma , 4211412018 (2016) KAJIAN DAN ANALISIS PELAT TIMBAL (Pb) BEKAS TUTUP INSTALASI LISTRIK PADA ATAP RUMAH SEBAGAI BAHAN PROTEKSI RADIASI SINAR-X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211412018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sinar-X dalam dunia medis biasa digunakan untuk media diagnosis melalui bentuk potret anatomi tubuh yang ditampilkan dalam film radiografi. Radiasi sinar-X selain bermanfaat juga mempunyai potensi bahaya bagi keselamatan manusia. Perisai radiasi perlu digunakan di medan radiasi untuk melindungi agar pekerja radiasi maupun pasien tidak menerima paparan radiasi diatas batas dosis yang ditentukan. Material perisai sinar-X yang biasa digunakan adalah timbal (Pb) karena logam timbal dapat menyerap energi radiasi sinar-X. Timbal merupakan produk stabil dari deret radioaktif alam yang memiliki nomor massa tinggi dan kerapatan massa yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelat timbal bekas terhadap laju dosis radiasi sinar-X, mengetahui hubungan antara tegangan sinar-X dengan laju dosis radiasi dan mengetahui hasil citra radiograf dari stepwedge timbal. Alat yang digunakan dalam penelitian yaitu pesawat sinar-X Mednif SF-100BY, surveymeter analog, penggaris, jangka sorong, apron, dan sistem radiografi digital modifikasi yang ada di Laboratorium Fisika Medik Universitas Negeri Semarang, sedangkan bahan penelitian yang digunakan yaitu pelat timbal bekas tutup instalasi listrik pada atap rumah dengan berbagai ketebalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju dosis radiasi dapat berkurang dengan penambahan ketebalan pelat timbal. Besar laju dosis radiasi berbanding lurus dengan besar tegangan sinar-X. Semakin besar tegangan sinar-X yang digunakan, semakin besar pula nilai laju dosis yang terukur. Pada penelitian dengan sistem Digital Radiography (DR) modifikasi menunjukkan bahwa nilai grey level berkurang tehadap bertambahnya ketebalan timbal. Berkurangnya nilai GL menunjukkan terdapat perbedaan tingkat keabuan setiap step pada stepwedge timbal (Pb). Ketebalan dan kerapatan suatu unsur bahan juga berpengaruh terhadap penyerapan sinar-X. Bahan yang tebal akan lebih banyak menyerap sinar-X dibanding dengan bahan yang tipis pada energi sinar-X sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Timbal (Pb), Proteksi radiasi, Sinar-X
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2017 14:17
Last Modified: 12 Oct 2017 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26728

Actions (login required)

View Item View Item