PENENTUAN PENYEBARAN LINDI PADA BAWAH PERMUKAAN DENGAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER–SCHLUMBERGER DI TPA SAMPAH DESA BANDENGAN KABUPATEN JEPARA


Siti Nur Azizah , 4211411050 (2016) PENENTUAN PENYEBARAN LINDI PADA BAWAH PERMUKAAN DENGAN METODE GEOLISTRIK KONFIGURASI WENNER–SCHLUMBERGER DI TPA SAMPAH DESA BANDENGAN KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211411050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

TPA sampah Desa Bandengan, Kabupaten Jepara menggunakan sistem pembuangan akhir control landfill. Sistem ini masih berpotensi tersebarnya lindi ke wilayah sekitar TPA karena pada sistem ini belum dilengkapi dengan lapisan geotekstil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebaran dan letak akumulasi lindi yang ada di bawah permukaan TPA Desa Bandengan, Kabupaten Jepara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi Wenner-Schlumberger. Pengambilan data lima lintasan berada di sekitar area kolam lindi dan timbunan sampah. Data nilai resistivitas diolah dengan menggunakan software Microsoft Excel, Res2Dinv dan Surfer 11. Hasil interpretasi lintasan pertama sampai kelima terindikasi adanya penyebaran lindi di bawah permukaan sekitar dengan nilai resistivitas kecil yaitu 0-8,40 Ωm. Penyebaran mengarah ke utara dan selatan, namun penyebaran lebih jauh ke utara. Akumulasi lindi terletak pada kedalaman 1,25-2,5 m. Pengolahan sampah dengan sistem control landfill masih memproduksi lindi dan masih tersebar ke wilayah sekitar TPA. Limbah menyebar pada lapisan tanah dengan struktur pasir, lempung dan tanah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lindi, Geolistrik, Wenner-Schlumberger, control landfill.
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QR Microbiology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2017 12:16
Last Modified: 12 Oct 2017 12:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26722

Actions (login required)

View Item View Item