SIMULASI SISTEM KENDALI KESTABILAN MOTOR DC MENGGUNAKAN KENDALI PID DAN FUZZY LOGIC CONTROLER (FLC)


Arif In Amilah , 4211410026 (2016) SIMULASI SISTEM KENDALI KESTABILAN MOTOR DC MENGGUNAKAN KENDALI PID DAN FUZZY LOGIC CONTROLER (FLC). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4211410026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak penelitian yang sudah dilakukan dalam pengembangan pengendali logika fuzzy-PID. Kebanyakan pengendali yang sudah dikembangkan kemudian diuji menggunakan beberapa model matematis yang mempunyai karakteristik berbedabeda yang mendekati karakteristik beberapa sistem yang nyata kemudian melakukan analisis secara matematis dan melakukan simulasi dengan sebuah perangkat lunak (software). Penelitian ini bertujuan untuk membuat simulasi sistem kendali kestabilan Motor DC, agar didapatkan performansi sistem yang baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemodelan dan simulasi sistem Motor DC dan kendalinya menggunakan Simulink matlab. Kendali yang ditetapkan pada penelitian ini menggunakan kendali PID dan FLC (Fuzzy Logic Controller). Pengujian pada kendali PID dilakukan sebanyak 6 kali sehingga dapat mengetahui pengaruh pemberian penguatan terhadap hasil peformansi sistem. Hasil pemberian penguatan Kp = 0.08, Ki = 2.4, Kd = 0.0002 menunjukkan peformansi sistem yang sesuai dengan desain kriteria. Karakteristik peformansi sistem yang dihasilkan pada kendali PID yaitu settling time 1.24 sekon, dengan overshoot 3.2%, rise time 0.047 sekon. Pengujian pada FLC dilakukan dengan dua variasi aturan logika fuzzy yaitu 5 aturan, dan 9 aturan. Peformansi sistem yang optimal dan sesuai dengan desain kriteria pada pemberian 9 aturan logika fuzzy, dengan karakteristik sistem yaitu settling time 1.4 sekon, overshoot 1.84%, rise time 0.004 sekon. Pengujian dari kedua kendali yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hasil peformansi sistem dengan FLC lebih baik daripada kendali PID.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Logic Controller (FLC), Motor DC, PID (Proporsional, Integral, Derivative), Simulink matlab.
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 17:10
Last Modified: 10 Oct 2017 17:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26713

Actions (login required)

View Item View Item