Kendala Siswa SD Dari Keluarga Miskin Dalam Penyediaan Buku Nonpaket IPS Sejarah Di Kecamatan Polanhajo Kabupaten Klaten 2006


Setyowati Ambawani , 3101401050 (2007) Kendala Siswa SD Dari Keluarga Miskin Dalam Penyediaan Buku Nonpaket IPS Sejarah Di Kecamatan Polanhajo Kabupaten Klaten 2006. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kendala Siswa SD Dari Keluarga Miskin Dalam Penyediaan Buku Nonpaket IPS Sejarah Di Kecamatan Polanhajo Kabupaten Klaten 2006]
Preview
PDF (Kendala Siswa SD Dari Keluarga Miskin Dalam Penyediaan Buku Nonpaket IPS Sejarah Di Kecamatan Polanhajo Kabupaten Klaten 2006) - Published Version
Download (376kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi bangsa yang ingin maju. Begitu juga dalam keluarga, pendidikan adalah hal yang yang penting dimiliki, setelah sandang pangan dan papan. Bagi mereka yang terkondisikan dalam keluarga yang kurang mampu atau bahkan keluarga miskin pendidikan menjadi sangat mahal. Walaupun pemerintah sudah berusaha meningkatkan mutu pendidikan dengan cara membuat biaya pendidikan murah tapi ternyata pendidikan bagi mereka masih dirasa sangat mahal. Buku pelajaran sekolah yang biasanya berupa buku nonpaket dirasa kurang bermanfaat. Apalagi untuk membeli buku nonpaket IPS sejarah yang dianggap pelajaran yang tidak penting. Penduduk miskin keulitas untuk membeli buku pelajaran sebagai kebutuhan sekunder karena untuk memenuhi kebutuhan primer masih kesulitan untuk memenuhinya Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah, bagaimana kondisi siswa SD dari keluarga miskin dalam penyediaan buku nonpaket sejarah di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten tahun 2006 dan apa saja kendala yang dialami siswa SD dari keluarga miskin dalam penyediaan buku nonpaket sejarah. Penelitian ini bertujuan Mengetahui Kondisi siswa SD dari keluarga miskin dalam penyediaan buku nonpaket sejarah di Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten tahun 2006. disamping itu juga untuk mengetahui kendala yang dialami siswa SD dari keluarga miskin dalam penyediaan buku nonpaket sejarah. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SD kelas VI di Kecamatan Polanharjo sebanyak 30 SD dan 528 siswa. Penelitian ini menggunakan tehnik klaster berdasarkan jarak dari kota Kecamatan Polanharjo. Variabel dalam penelitian ini adalah kondisi sosial ekonomi siswa dari keluarga miskin, penyediaan buku nonpaket dan kendala yang dihadapi siswa. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, angket dan wawancara. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik deskriptif dan dengan menggunakan uji linieritas. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis, pada variabel Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi siswa menunjukkan bahwa semakin rendah tingkat kesejahteraan keluarga siswa semakin banyak pula kendala yang dihadapi siswa dalam pengadaan buku nonpaket IPS sejarah. Hal ini dapat dilihat dari uji regresi, yang menunjukkan sebesar t hitung sebesar 2,767 > 2,447 pada taraf signifikan 0,05. maka dapat disimpulkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa kondi keluarga yang miskin dan tingkat tingkat kesejahteraan keluarga siswa yang rendah berarti semakin tinggi tingkat kendala yang dihadapi siswa dalam pengadaan buku nonpaket IPS sejarah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi semua pihak terutama bagi pihak sekolah. Dari pihak sekolah sebaiknya disediakan perpustakaan untuk menambah koleksi buku pelajaran yang berhubungan dengan pelajaran sekolah. Agar siswa tidak kesulitan jika tidak memiliki buku

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendala, Keluarga miskin,Buku nonpaket IPS sejarah
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2011 04:29
Last Modified: 25 Apr 2015 04:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View Item View Item