PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KELISTRIKAN BERBASIS LIVEWIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERHIPOTESIS SISWA


Danis Alif Oktavia , 4201412111 (2016) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KELISTRIKAN BERBASIS LIVEWIRE TERHADAP KEMAMPUAN BERHIPOTESIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412111.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ada beberapa keterampilan dasar dalam mempelajari sains, salah satunya yaitu kemampuan hipotesis. Dalam kegiatan ilmiah, khususnya dalam kegiatan penelitian atau penyelidikan hipotesis sering dinamakan jawaban sementara atau dugaan terhadap rumusan masalah yang berupa pertanyaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kelistrikan berbasis livewire terhadap kemampuan berhipotesis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi- Experiment Design dengan desain One Group Pretest-Postest Design. Populasi diambil dari peserta didik kelas X SMA N 2 Bae Kudus tahun ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan yaitu kelas X-9 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa hasil belajar peserta didik (kemampuan berhipotesis siswa) diambil dengan teknik tes dan lembar observasi. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai postest lebih tinggi dari nilai pretest. Rata-rata nilai postest hasil belajar kognitif (kemampuan berhipotesis siswa) adalah sebesar 82,25 dan nilai pretest sebesar 41,3. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar (kemampuan berhipotesis siswa) yang tinggi pada kelas eksperimen dengan nilai N–gain sebesar 0,70. Hasil analisis indikator kemampuan berhipotesis menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berhipotesis siswa pada saat praktikum mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kelistrikan berbasis Livewire berpengaruh positif terhadap kemampuan berhipotesis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, Livewire, kemampuan berhipotesis.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 15:10
Last Modified: 10 Oct 2017 15:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26709

Actions (login required)

View Item View Item