ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 3 WONOGIRI


Agnes Yustika Wulan Arum , 4201412108 (2016) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA N 3 WONOGIRI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412108.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep fisika dengan penerapan model pembelajaran guided discovery dan memberikan informasi aktivitas belajar siswa di sekolah dan di luar sekolah, serta pemahaman konsep siswa kelas XI IPA SMA N 3 Wonogiri. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas XI IPA Ci SMA N 3 Wonogiri yang berasal dari kategori atas, kategori sedang, dan kategori bawah. Data yang digunakan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep diperoleh melalui tes, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan untuk analisis aktivitas belajar diperoleh melalui pengamatan, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas belajar siswa dalam kriteria sangat baik (81%), dimana persentase aktivitas belajar siswa kelas atas sebesar 88%, kelas sedang sebesar 81% dan kelas bawah sebesar 80%. Siswa mengonstruksi gagasan atau konsep baru berdasarkan pemahaman yang telah dimiliki sebelumnya. Pemahaman yang telah dimiliki siswa digunakan untuk menemukan sesuatu yang baru melalui diskusi, percobaan, seminar atau presentasi, dan aktivitas belajar lainnya, sehingga siswa dapat memahami apa yang dipelajari dengan baik. Penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing melibatkan siswa secara aktif, sehingga diperoleh pemahaman konsep siswa meningkat, dimana kelas atas dan kelas sedang dalam kriteria sangat tinggi. Persentase rata-rata pemahaman konsep sebesar 71% termasuk kriteria tinggi, dimana kelas atas sebesar 87% dan kelas sedang sebesar 75% termasuk kriteria sangat baik, sedangkan kelas bawah sebesar 52% dalam kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Analisis, Guided discovery learning,
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 14:54
Last Modified: 10 Oct 2017 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26707

Actions (login required)

View Item View Item