PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA GURU FISIKA TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA DAN HASIL BELAJAR FISIKA


Ita Kurnia Sari , 4201412105 (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA GURU FISIKA TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA DAN HASIL BELAJAR FISIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena siswa yang takut terhadap sains terjadi hampir di seluruh sekolah. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran sains yang ditakuti oleh siswa. Dari tahun ke tahun masih banyak siswa yang mempunyai persepsi kurang baik mengenai mata pelajaran fisika dan guru fisika. Kepribadian guru fisika yang cenderung kaku, kurang terbuka dan sering marah-marah menyebabkan siswa kurang berminat dalam belajar fisika. Guru fisika harus berusaha menghilangkan anggapan tersebut, agar fisika menjadi pelajaran yang disukai siswa. Dalam usaha menghilangkan anggapan itu, guru harus tahu bagaimana persepsi siswa terhadap guru, sehingga dapat meningkatkan minat dan hasil belajar fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa pada guru fisika, mengetahui minat belajar fisika siswa, mengetahui pengaruh persepsi siswa pada guru fisika terhadap minat dan hasil belajar fisika dan mengetahui persepsi siswa terhadap guru fisika yang menghasilkan minat dan hasil belajar fisika yang tinggi. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melukiskan fakta, opini, sikap dan menggambarkan suatu kejadian secara cermat dan sistematis dari data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa pada guru fisika di suatu sekolah termasuk dalam kategori cukup baik, minat belajar fisika siswa di suatu sekolah termasuk dalam kategori kurang tinggi. Dari hasil analisis korelasi antara persepsi siswa pada guru fisika dan minat belajar fisika diketahui nilai r sebesar 0,470, nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,00, dan nilai koefisien determinasi (r ) sebesar 0,2209 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa pada guru fisika terhadap minat belajar fisika di suatu sekolah adalah sebesar 22,09%. Sedangkan untuk analisis korelasi antara persepsi siswa pada guru fisika dan hasil belajar fisika diketahui nilai r sebesar 0,328, nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,01, dan nilai koefisien determinasi (r ) sebesar 0,1075 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh persepsi siswa pada guru fisika terhadap hasil belajar fisika di suatu sekolah adalah sebesar 10,75%. Sedangkan persepsi siswa pada guru fisika di suatu sekolah yang menghasilkan minat dan hasil belajar yang tinggi adalah persepsi tentang guru fisika yang dapat mengemas pembelajaran fisika yang menyenangkan dan dapat dapat menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman bagi siswa dengan sikap yang humoris, ramah dengan siswa dan tidak mudah marah saat mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, minat, hasil belajar fisika
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 14:46
Last Modified: 10 Oct 2017 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26706

Actions (login required)

View Item View Item