PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH PADA PEMBELAJARAN BERBASIS KEGIATAN EKSPERIMEN KALORIMETER


Lusi Santi Mulyani , 4201412103 (2016) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA DENGAN PENDEKATAN ILMIAH PADA PEMBELAJARAN BERBASIS KEGIATAN EKSPERIMEN KALORIMETER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412103.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Eksperimen. Salah satu prinsip utama penerapan pendekatan ilmiah adalah adanya penilaian. Permasalahan yang muncul pada penelitian ini adalah kecenderungan guru untuk menilai hasil belajar melalui laporan yang dituliskan oleh siswa tanpa mengetahui kemampuan kinerja siswa saat melakukan kegiatan praktikum. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah instrumen yang dapat menilai kinerja siswa, yaitu instrumen penilaian kinerja dengan pendekatan ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah instrumen penilaian kinerja yang valid, reliabel, efektif dan layak. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Prosedur penelitian ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi desain produk, uji coba produk skala terbatas, revisi I produk, uji coba pemakaian skala luas, revisi II produk dan produk akhir. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Instrumen dinyatakan valid jika mencapai persentase 61%. Instrumen dinyatakan reliabel jika memiliki koefisien reliabilitas ≥0.6. Instrumen dinyatakan efektif jika persentase selisih penilaian <10%. Instrumen dinyatakan layak jika persentase skor tanggapan pengguna mencapai persentase 60%-80%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa instrumen penilaian kinerja dengan pendekatan ilmiah memperoleh rata-rata skor validasi untuk desain instrumen sebesar 97.92% dan untuk evaluasi instrumen sebesar 100% sehingga kedua aspek validitas tersebut dinyatakan valid secara teori. Instrumen dinyatakan reliabel, dengan reliabilitas rata-rata rating tiga orang rater sebesar 0.9378 dan koefisien reliabilitas ratarata rating bagi setiap rater sebesar 0.8341. Instrumen dinyatakan efektif dengan persentase selisih penilaian sebesar 1.66%. Instrumen dinyatakan sangat layak dengan persentase tanggapan pengguna sebesar 94.53%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kinerja dinyatakan valid, reliabel, efektif, dan sangat layak sehingga dapat digunakan untuk mengukur kemampuan kinerja siswa dalam pembelajaran berbasis kegiatan eksperimen kalorimeter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kinerja, Pendekatan Ilmiah, Pembelajaran, Kegiatan
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 14:37
Last Modified: 10 Oct 2017 14:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26704

Actions (login required)

View Item View Item