PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA PADA MATERI GEJALA PEMANASAN GLOBAL


Fiki Layyinatun Najwa , 4201412097 (2016) PENGEMBANGAN SOAL OPEN ENDED UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA PADA MATERI GEJALA PEMANASAN GLOBAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412097.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Studi internasional yang mengukur prestasi matematika dan sains siswa, yaitu TIMSS (Trends in Mathematics and Science Study) pada tahun 2011, menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Indonesia masih rendah. Berpikir tingkat tinggi dikategorikan sebagai berpikir yang non algoritmik, kompleks, bermakna, sukar, menghasilkan banyak solusi, banyak kriteria, dan tidak pasti. Kemampuan berpikir tingkat tinggi tidak dapat dimiliki secara langsung oleh seorang siswa melainkan melalui latihan, salah satunya dengan menggunakan tes tertulis yang dapat digunakan untuk mengukur sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Tes tertulis yang dimaksud adalah soal open ended, yaitu soal yang memiliki jawaban benar yang lebih dari satu atau memiliki satu jawaban benar dengan cara penyelesaian yang beragam, sehingga mendorong siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan pemecahan masalah. Studi ini dilakukan dengan metode Research and Development yang menghasilkan produk soal open ended. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan dan keefektifan produk yang dikembangkan, serta mengetahui profil kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Gejala Pemanasan Global. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Salatiga. Uji kelayakan dilakukan dengan memberikan angket kelayakan produk kepada pakar dan siswa. Uji keefektifan produk dilakukan dengan menghitung korelasi antara nilai ulangan tengah semester dengan soal open ended siswa. Profil kemampuan berpikir tingkat tinggi ditentukan dengan menganalisis jawaban siswa pada soal tersebut. Hasil uji kelayakan soal open ended menurut pakar adalah 92,59% pada tahap pertama dan 97,53% pada tahap kedua, sehingga produk termasuk dalam kategori yang sangat layak. Hasil uji keefektifan menunjukkan koefisien korelasi nilai ulangan tengah semester dan soal open ended siswa adalah sebesar 0,634 dan termasuk dalam kriteria kuat. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA Negeri 1 Salatiga termasuk dalam kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata 61,28.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Soal Open Ended, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Gejala Pemanasan Global.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 14:34
Last Modified: 10 Oct 2017 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26703

Actions (login required)

View Item View Item