PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATAKAN LIFE SKILL SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR


Wahyu Nur Alamsah , 4201412095 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATAKAN LIFE SKILL SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Fisika merupakan bagian dari sains yang hakekatnya merupakan sebuah kumpulan pengetahuan, cara atau jalan berpikir, dan cara untuk penyelidikan. Namun, proses pembelajaran fisika di sekolah kebanyakan cenderung hanya mengafal rumus-rumus dan latihan soal sehingga hakekat fisika sebagai bagian dari sains tidak tercapai. Selain itu dengan berkembangnya globalisasi, siswa juga perlu dibekali keterampilan-keterampilan hidup (life skill) agar dapat beradaptasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) yang mengarahkan proses belajar fisika sesuai kaidah discovery learning dan terdapat muatan-muatan untuk meningkatkan life skill siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) sampai pada tahap uji coba lapangan. Validitas LKS diujikan pada dosen fisika dan guru fisika SMA. Kepraktisan LKS diuji pada delapan siswa kelas X-4 SMAN 12 Semarang semester genap tahun ajaran 2015/2016. Kefektifan LKS diujikan pada 36 siswa kelas X-4 SMAN 12 Semarang semester genap tahun ajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Discovery Learning pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor (1) termasuk kategori valid dari aspek materi dan isi dengan skor masing-masing 4,93 dan 4,95, (2) termasuk kategori praktis dengan tingkat pencapaian 83,45%, (3) termasuk kategori efektif karena aktivitas siswa terkategori baik dengan nilai 3,42, respon siswa positif dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal dengan skor 96,3% dan (4) dapat meningkatkan life skill siswa dengan gain score 0,67. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Discovery Learning pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor termasuk ketegori valid, praktis dan efektif serta dapat meningkatkan life skill siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa (LKS), discovery learning, life skill.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 13:53
Last Modified: 10 Oct 2017 13:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26702

Actions (login required)

View Item View Item