PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS XI


Erien Setiana , 4201412087 (2016) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412087.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Melihat kenyataan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, peneliti ingin meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model PjBL. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model PjBL sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa serta mengetahui besarnya peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model PjBL. Kemampuan berpikir kreatif dapat dimunculkan dengan memberikan rangsangan dari luar kepada siswa. Rangsangan ini dapat dimunculkan dari model pembelajaran yang diterapkan kepada siswa sehingga mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk merangsang kemampuan berpikir kreatif siswa adalah model PjBL. Model PjBL merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, berjangka panjang, dan menggunakan proyek atau kegiatan sebagai inti pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Pre-test Post-test Group. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data berupa angket untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif dan tes kognitif untuk mengetahui pemahaman konsep termodinamika. Pengambilan data dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif dihitung dengan menggunakan uji gain. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kreatif setelah penerapan model PjBL. Besarnya peningkatan kemampuan berpikir kreatif pada penelitian ini adalah 0,24 yang masuk dalam kategori rendah dan peningkatan pemahaman konsep sebesar 0,4 yang masuk dalam kategori sedang. Rendahnya peningkatan berpikir kreatif disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah belum adanya ikatan emosional antara guru dan siswa sehingga siswa menjadi canggung untuk bertanya ketika siswa mengalami kesulitan. Faktor lainnya adalah banyaknya jumlah anggota kelompok yang menyebabkan beberapa siswa menjadi tidak aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 12:54
Last Modified: 10 Oct 2017 12:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26700

Actions (login required)

View Item View Item