PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA BERTEMA ENERGI


Tika Mustika , 4201412079 (2016) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA BERTEMA ENERGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

International Achievement) dari tahun 2000-2012 menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa Indonesia cenderung menurun, bahkan di bawah rata-rata skor Internasional yaitu 500. Pengukuran kemampuan tersebut dapat dilakukan menggunakan alat evaluasi. Alat evaluasi yang digunakan guru mengacu pada kognitif dan kurang memperhatikan keterampilan proses sains, sehingga perlu dikembangkan alat evaluasi berbasis literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, karakteristik, dan profil kemampuan literasi sains siswa berdasarkan alat evaluasi yang telah dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau (Research and Development). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Demak. Alat evaluasi menggunakan instrumen pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang bertema energi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat evaluasi dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai reliabilitas sebesar 0,68 pada uji coba awal dan 0,73 pada uji coba akhir. Karakteristik alat evaluasi berbasis literasi sains berdasarkan taraf kesukaran dan daya pembeda diperoleh bahwa persentase soal semakin rendah seiring bertambahnya kesukaran soal. Berdasarkan perbandingan empat kategori literasi sains yaitu (a) sains sebagai batang tubuh, (b) sains sebagai cara untuk menyelidiki, (c) sains sebagai cara berpikir, dan (d) interaksi sains, teknologi, dan masyarakat sebesar 2:1,5:1:1. Kemampuan literasi sains siswa SMP N 2 Demak tergolong baik pada kategori sains sebagai cara berpikir, namun pada kategori batang tubuh pengetahuan tergolong cukup baik. Alat evaluasi yang berbasis literasi sains perlu dikembangkan dengan instrumen dan tema yang lain, serta perlu digunakan soal PISA yang mencakup seluruh kategori literasi sains agar sebanding dengan soal yang telah disusun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat evaluasi, literasi sains, kemampuan literasi sains, energi Hasil penelitian PISA (Programme for Student
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 12:35
Last Modified: 10 Oct 2017 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26698

Actions (login required)

View Item View Item