AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN MODEL IPA TERPADU TIPE WEBBED (JARING LABA-LABA) UNTUK SISWA SMP NEGERI 13 SEMARANG


Karima Afifah , 4201412078 (2016) AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PENERAPAN MODEL IPA TERPADU TIPE WEBBED (JARING LABA-LABA) UNTUK SISWA SMP NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412078.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tuntutan keaktifan siswa selama proses pembelajaran sangat diperlukan agar siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan untuk mengetahui besar peningkatan hasil belajar siswa dari penerapan model pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed (jejaring laba-aba). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design jenis one group pre-test and post-test design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling, kemudian diperoleh siswa kelas VIII C sebagai kelas sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil analisis lembar observasi pada setiap pembelajaran mulai dari pertemuan pertama hingga ke pertemuan ketiga menyatakan bahwa skor rata-rata aktivitas siswa selalu meningkat setiap pertemuannya. Nilai rata-rata aktivitas siswa yang didapatkan kelas VIII C dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga secara berturut-turut untuk kelas VIII C adalah 59,59%, 60,23%, 65,98%. Terutama paling tinggi pada aspek siswa mencatat tugas atau laporan sesuai hasil obervasi mendapatkan nilai rerata 71,87% dan masuk dalam kategori aktif. Besarnya peningkatan hasil belajar berdasarkan hasil analisis data pretest dan posttest dapat dilihat melalui uji normal gain. Kelas VIII C memiliki harga gain 〈g〉=77 dengan kategori tinggi. Dengan kata lain hasil analisis uji gain hasil belajar kognitif siswa kelas sampel yaitu kelas VIII C mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan hasil belajar tersebut sejalan dengan perkembangan kemampuan pemahaman pada partikel materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model ipa terpadu tipe webbed, aktivitas, hasil belajar.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 12:31
Last Modified: 10 Oct 2017 12:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26697

Actions (login required)

View Item View Item