IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS FISIKA BERPENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI PERPINDAHAN KALOR UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMA


Labitta Hareka Putri , 4201412077 (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN LKS FISIKA BERPENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI PERPINDAHAN KALOR UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412077.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi dengan memperkuat proses pembelajaran dan penilaian autentik untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran untuk semua jenjang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (scientific). Salah satu model pembelajaran yang sesuai adalah Discovery Learning. Model ini didukung dengan penggunaan LKS berpendekatan scientific. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS berpendekatan scientific untuk materi perpindahan kalor serta mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif, psikomotorik dan perkembangan karakter. Discovery learning merupakan model pembelajaran yang memberikan kebebasan pada peserta didik untuk dapat mengerti lebih dengan menemukan sendiri jawaban dari permasalahan. Adapun pengembangan nilai karakter dilakukan dengan prinsip kegiatan spontan, kegiata rutin, keteladanan dan pengkondisian pada proses pembelajaran. Prinsip pengembangan karakter tersebut diintegerasikan kedalam model pembelajaran Discovery Learning dan LKS yang digunakan. Langkah-langkah scientific dalam LKS juga memuat kegiatan pengembangan karakter. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre experimental dengan desain penelitian One Group Pre-test and Post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMA yang menggunakan kurikulum 2013, sedangkan sampel penelitian adalah siswa X MIPA 3 di SMA Negeri 1 Kajen dan Wiradesa sebanyak 76 peserta didik. Data perkembangan karakter diperoleh dari angket karakter dan lembar observasi. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari tes tertulis pretest dan posttest. Data hasil belajar psikomotorik diperoleh dari lembar observasi. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif, psikomotorik dan perkembangan karakter, metode analisis data yang digunakan adalah analisis persentase dan uji peningkatan rata-rata (gain). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan LKS scientific materi perpindahan kalor dapat mengembangkan karakter jujur, disiplin, rasa ingin tahu dan komunikatif dengan kategori gain sedang. Model pembelajaran tersebut juga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif serta psikomotorik dengan kategori gain sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karakter, LKS, Discovery Learning, pendekatan scientific.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 12:27
Last Modified: 10 Oct 2017 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26696

Actions (login required)

View Item View Item