ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI FISIKA PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN DI SMK MUHAMMADIYAH KUDUS
Amelia Rizki Ardianti , 4201412065 (2016) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN DAN MISKONSEPSI FISIKA PADA MATERI GERAK MELINGKAR BERATURAN DI SMK MUHAMMADIYAH KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan analisis tingkat pemahaman dan miskonsepsi materi Gerak Melingkar Beraturan pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah Kudus yang bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan tingkat miskonsepsi yang terjadi berdasarkan metode penelusuran miskonsepsi berupa pemberian soal tes dan wawancara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan instrumen three tier test. Subjek penelitian ini ditentukan secara random, dipilih 2 kelas yaitu X Teknik Kendaraan Ringan (TKR) 1 dan X Teknik Sepeda Motor (TSM) 1 dengan masing-masing 20 siswa. Subjek penelitian 40 siswa diberikan soal pilihan ganda dengan model three tier test. Jawaban siswa yang telah masuk dianalisis oleh peneliti dengan dukungan dari wawancara yang telah dilakukan kepada guru pengampu mata pelajaran fisika dan beberapa siswa. Tingkat pemahaman siswa jurusan TSM mengenai karakteristik GMB sebesar 28%, mengenai percepatan sentripetal sebesar 20%, mengenai hubungan roda-roda sebesar 28%, dan mengenai Aplikasi sehari-hari sebesar 13%. Tingkat pemahaman siswa jurusan TKR mengenai karakteristik GMB sebesar 10%, mengenai percepatan sentripetal sebesar 10%, mengenai hubungan roda-roda sebesar 13%, dan mengenai Aplikasi sehari-hari sebesar 3%. Tingkat miskonsepsi siswa jurusan TSM mengenai karakteristik GMB sebesar 35%, mengenai percepatan sentripetal sebesar 37%, mengenai hubungan roda-roda sebesar 41%, dan mengenai Aplikasi sehari-hari sebesar 42%. Tingkat miskonsepsi siswa jurusan TKR mengenai karakteristik GMB sebesar 38%, mengenai percepatan sentripetal sebesar 23%, mengenai hubungan roda-roda sebesar 50%, dan mengenai Aplikasi sehari-hari sebesar 47%. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh beberapa faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa diantaranya : faktor pembelajaran, buku teks pelajaran, pengalaman, pengetahuan yang kurang mendalam, dan pola berpikir siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Pemahaman, Miskonsepsi, Gerak Melingkar Beraturan |
Subjects: | |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 10 Oct 2017 11:43 |
Last Modified: | 10 Oct 2017 11:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26693 |
Actions (login required)
View Item |