PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DAN KINERJA SISWA SMA


Aufa Maulida Fitrianingrum , 4201412064 (2016) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP KESEIMBANGAN BENDA TEGAR DAN KINERJA SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Konsep fisika banyak yang bersifat matematis, abstrak dan sulit dipahami. Salah satu materi yang sulit bagi kebanyakan siswa adalah materi keseimbangan benda tegar. Model pembelajaran yang dapat memfasilitasi penguatan penguasaan konsep keseimbangan benda tegar adalah model pembelajaran project based learning berbasis eksperimen. Tujuan penelitian yaitu setelah penerapan project based learning berbasis eksperimen: (1) menentukan peningkatan penguasaan konsep keseimbangan benda tegar, (2) mendeskripsikan peningkatan kinerja siswa, dan (3) menentukan keefektifannya dalam meningkatkan penguasaan konsep keseimbangan benda tegar dan kinerja siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Ungaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Data penguasaan konsep diperoleh dari hasil pretest-posttest bertipe three-tier test. Data kinerja siswa diperoleh dari hasil observasi selama dan setelah proses pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji gain, uji regresi linier sederhana, dan uji t satu sampel. Berdasarkan hasil perhitungan penguasaan konsep keseimbangan benda tegar diperoleh faktor gain sebesar 0,708 dengan kriteria tinggi. Hasil kinerja siswa pada pertemuan 1 – 3 menghasilkan faktor gain sebesar 0,47 dengan kriteria sedang. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai R sebesar 0,92 yang berarti bahwa kinerja siswa memiliki hubungan yang sangat kuat dengan penguasaan konsep keseimbangan benda tegar. Kinerja siswa mempengaruhi hasil penguasaan konsep siswa sebesar 85,15% dengan persamaan regresi . Hasil uji t menunjukkan sebesar 5,31 lebih dari sebesar 2,03 dan nilai p sebesar kurang dari taraf signifikan 0,05. Hal ini berarti posttest penguasaan konsep keseimbangan benda tegar oleh siswa secara signifikan lebih dari atau sama dengan nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh bahwa model project based learning berbasis eksperimen efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep keseimbangan benda tegar dan kinerja siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Keseimbangan Benda Tegar, Penguasaan Konsep, Kinerja Siswa
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2017 11:39
Last Modified: 10 Oct 2017 11:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26692

Actions (login required)

View Item View Item