IDENTIFIKASI POLA HIPOTESIS YANG DIRUMUSKAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA


Fita Permata Sari , 4201412062 (2016) IDENTIFIKASI POLA HIPOTESIS YANG DIRUMUSKAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412062.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pola pembelajaran yang dikembangkan di Indonesia menuntut keaktifan siswa dalam proses kegiatan pembelajaran dan kreativitas dalam mengolah data yang diberikan guru. Fakta, konsep, dan prinsip ilmu pengetahuan yang ditemukan dan dikembangkan siswa berperan menunjang pengembangan keterampilan proses pada diri siswa. Salah satu tujuan pembelajaran fisika adalah memiliki keterampilan proses sains, salah satunya kemampuan berhipotesis yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Keterampilan proses sains menitikberatkan pada pengalaman langsung yang harus dialami oleh siswa. Perumusan hipotesis adalah perumusan dugaan yang masuk akal dan dapat diuji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola hipotesis yang dirumuskan siswa pada pembelajaran fisika SMA. Pola hipotesis terbagi menjadi empat, yaitu: hipotesis statistik/ alternatif, hipotesis nol, hipotesis kausal dan hipotesis deskriptif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode kualitatif. Fokus penelitian ini mengkaji tiga pola hipotesis, yaitu hipotesis statistik/ alternatif, hipotesis nol, dan hipotesis kausal. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pemberian soal tes kemampuan berhipotesis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian ini diperoleh dari siswa mengerjakan soal tes kemampuan berhipotesis dengan berbagai pola, wawancara dengan guru, dan siswa, serta dokumentasi saat penelitian. Hasil tes tersebut diperoleh sebagai berikut: siswa dapat berhipotesis nol sebanyak 23,37%; berhipotesis statistik/ alternatif sebanyak 38,04%; berhipotesis kausal sebanyak 32,07%; tidak berhipotesis sebanyak 4,89%; dan tidak menjawab soal sebanyak 1,63% dari masing-masing soal yang diarahkan ke pola tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan hipotesis, keterampilan proses sains, pola hipotesis.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 12:53
Last Modified: 09 Oct 2017 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26690

Actions (login required)

View Item View Item