PERSEPSI GURU DAN SISWA TENTANG PEMANFAATAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN DEMAK


Abdul Qohar , 4201412061 (2016) PERSEPSI GURU DAN SISWA TENTANG PEMANFAATAN PERANGKAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran fisika perlu diterapkan model pembelajaran yang sesuai karakteristik ilmu fisika dan dapat mengembangkan keterampilan berpikir, sikap dan proses ilmiah. Pembelajaran fisika dengan berbantuan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membantu siswa dalam melakukan discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan cara guru dan siswa dalam memanfaatkan perangkat TIK dalam pembelajaran fisika SMA serta hambatan yang dialami. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi dalam penelitian ini adalah guru fisika dan siswa SMA di Kabupaten Demak. Pemilihan sampel sekolah dipilih berdasarkan kategori sekolah negeri dan swasta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Angket persepsi dengan menggunakan skala semantic differensial digunakan untuk mendapatkan data tentang pemanfaatan perangkat TIK dalam pembelajaran fisika berdasarkan persepsi guru dan siswa. Sebelum penelitian dilaksanakan angket persepsi divalidasi oleh dosen pembimbing. Diperoleh responden guru fisika sebanyak 8 orang dan siswa sebanyak 247 orang dari 4 kategori sekolah yang telah melakukan pengisian angket persepsi. Selanjutnya wawancara dilakukan untuk mengklarifikasi pengisian angket oleh guru dan siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa persepsi guru dan siswa tentang pemanfaatan perangkat TIK dalam pembelajaran fisika SMA di Kabupaten Demak sudah mencapai skor yang masuk dalam kategori positif. Cara guru dalam memanfaatkan perangkat TIK untuk pembelajaran fisika meliputi pengolahan nilai siswa, menghubungi guru dan siswa, membuat bahan ajar dan media pembelajaran dari internet, menampilkan video, animasi ataupun simulasi terkait dengan materi fisika, kegiatan presentasi serta menginput data penilaian siswa. Sedangkan cara siswa dalam memanfaatkan perangkat TIK untuk pembelajaran fisika meliputi menghubungi guru dan siswa, mengerjakan PR/tugas terkait pelajaran fisika, menghitung dengan kalkulator maupun mengakses data informasi dari internet via handphone untuk menyelesaikan soal-soal. Hambatan yang di alami guru dan siswa meliputi perangkat TIK di sekolah yang masih kurang memadai untuk mendukung pembelajaran fisika berbasis TIK. Beberapa sekolah juga masih mengalami kendala keterbatasan dana sekolah dan SMA swasta menjadi kategori sekolah yang masih banyak mengalami kendala terkait pemanfaatan perangkat TIK dalam pembelajaran fisika. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya korelasi yang positif dan signifikan antara keterampilan penggunaan perangkat TIK guru fisika dan rerata skor Ujian Nasional fisika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pembelajaran fisika
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 12:49
Last Modified: 09 Oct 2017 12:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26689

Actions (login required)

View Item View Item