PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN INFERENSI SISWA


Putri Nurmala Sari , 4201412060 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN INFERENSI SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil studi Programme International for Student Assesment, PISA 2012, mengatakan bahwa Indonesia termasuk ke dalam peringkat ke-64 dari 65 negara baik untuk bidang matematika maupun bidang sains. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan keterampilan inferensi, sehingga hasil belajar pun meningkat. Model pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Model POE (Predict-Observe-Explain) merupakan metode pembelajaran yang lebih menekankan siswa untuk mengembangkan kecakapan hidup (life skill). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POE terhadap keterampilan inferensi siswa, mengetahui peningkatan keterampilan inferensi siswa pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol, dan untuk mengetahui hambatan dalam proses pembelajaran POE. Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental dengan pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran POE dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen berupa soal pretest-posttest untuk mengukur keterampilan inferensi siswa, dan angket respon siswa dan respon guru untuk mengetahui hambatan dalam proses pembelajaran POE. Pretest diberikan sebelum pembelajaran, posttest diberikan setelah pembelajaran, dan angket diberikan di akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan inferensi siswa mengalami peningkatan dari keadaan awal (pretest) dan keadaan akhir (posttest) baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Nilai posttest diuji dengan uji-t dua pihak, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 86,88 dan kelas kontrol sebesar 83,50. Nilai pretest-posttest dianalisis untuk menghitung peningkatan keterampilan inferensi siswa dengan uji gain. Hasil uji gain menunjukkan peningkatan keterampilan inferensi siswa kelas eksperimen sebesar 0,70 dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,61 dalam kategori sedang. Nilai gain diuji dengan uji-t pihak kanan menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan inferensi siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada peningkatan keterampilan inferensi kelas kontrol. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran POE berpengaruh positif terhadap keterampilan inferensi siswa, hal ini didukung dari pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran, yaitu tiap pertemuan semakin meningkat, walaupun ada beberapa hambatan dalam proses pembelajaran. -------------------------- ABSTRACT The result of Programme International for Student Assesment, PISA 2012, indicated that Indonesia was on the 64th place of 65 countries ranking, both in mathematics and science. Therefore, it is necessary to find out an appropriate learning model to improve the inference skills, thus we develops the learning process to improve. The learning model is a very important factor to determine the achievement of learning objectives. POE (Predict-Observe-Explain) is a learning method that emphasizes life skills of student. This aims of this research are to analize the effect of POE to the students’ inference skills, to know the increasing of student inference skills between the experimental class and the control class, and to observe the obstacles during the POE learning process. This study is using true experimental research with pretest-posttest control group design. The sampling technique was purposive sampling, which acquired VII A as an experimental class was taught by using POE learning model and VII B as the control class was taught by using conventional learning model. The instruments in the form of pretest-posttest items is used to measure students' inference skills, and the questionnaire of students’ and teachers’ responses is used to find out the obstacles during the POE learning process. The pretest is given before the learning process, the posttest is administered after learning, and the questionnaire is given at the end of the study. Results of the study showed that the students’ inference skills increases from the initial (pretest) and the final state (posttest) either experimental class or control class. The posttest marks examined by using two tailed t-test, showed that there are differences in the average of posttest between the experimental class and control class, which the posttest average of experimental class is 86.88 and control class is 83.50. The students’ marks of pretest-posttest are analyzed to calculate the increase of students’ inference skills with gain test. The results of gain test showes an increasing of experimental class students’ inference skills 0.70 in the high category, while the control class 0.61 in the medium category. The gain marks examined by using right tailed t-test showes that the increasing of the experimental class students’ inference skills is higher than the class control students’ inference skills. It can be concluded that POE learning model gives positive effect on students' inference skills, it is supported by the observation of students’ activities during learning process, which increases in every meeting, althought there are some obstacles in the learning process.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: POE, keterampilan inferensi. POE, inference skills.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 12:47
Last Modified: 09 Oct 2017 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26688

Actions (login required)

View Item View Item