PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM DIFRAKSI CAHAYA DENGAN KISI BERBAHAN PELEPAH PISANG PADA MATA KULIAH EKSPERIMEN FISIKA DASAR II


Widyastuti Rochimatun Ch , 4201412056 (2016) PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM DIFRAKSI CAHAYA DENGAN KISI BERBAHAN PELEPAH PISANG PADA MATA KULIAH EKSPERIMEN FISIKA DASAR II. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412056.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Alat praktikum difraksi cahaya dengan kisi berbahan pelepah pisang yang dilengkapi dengan petunjuk praktikum telah dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Alat praktikum yang dikembangkan adalah kisi difraksi dari bahan alam berupa pelepah pisang. Pada uji coba empiris terhadap kisi difraksi dengan menggunakan laser dapat menunjukan fenomena difraksi cahaya. Hasil uji empiris lebar celah (d) pada kisi dari pelepah pisang dengan menggunakan laser merah dan laser hijau relatif sama yaitu kisaran 27,42 μm. Petunjuk praktikum memuat langkah kerja berupa kalimat pertanyaan untuk meningkatkan kemampuan mengamati, merumuskan hipotesis, dan menginterpretasikan data peserta didik. Hasil uji kelayakan petunjuk praktikum yang dilakukan terhadap aspek kelayakan isi, keakuratan materi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa termasuk dalam kategori tinggi. Research dan Development dilaksanakan dengan desain Quasi Experimental berbentuk Pretest and Postest One Grup Design untuk uji coba pada responden. Analisis uji beda digunakan uji wilcoxon,sedangkan uji efektivitas dilakukan dengan uji N-gain, lembar observasi dan angket respon mahasiswa. Hasil validasi oleh validator menunjukan skor rata-rata 90,5%, sehingga perangkat praktikum dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan praktikum. Analisis hasil tes menunjukan nilai Zh sebesar -6,095 ( Zt = 1,96) pada taraf signifikansi 5% yang menyatakan adanya perbedaan signifikansi antara keterampilan proses sains setelah dan sesudah menggunakan perangkat praktikum difraksi cahaya. Analisis uji N-gain menunjukan hasil pretest-postest tergolong kategori sedang yaitu 0,63. Hasil analisis lembar observasi dengan skor rata-rata 91% dan angket respon mahasiswa 86,78% yang menunjukan penggunaan alat praktikum difraksi cahaya dengan kisi berbahan pelepah pisang efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat praktikum, Pelepah Pisang, Difraksi Cahaya, Keterampilan proses sains.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 12:40
Last Modified: 09 Oct 2017 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26687

Actions (login required)

View Item View Item