PENGEMBANGAN SELF ASSESSMENT BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGUKUR KETERCAPAIAN LITERASI SAINS SISWA POKOK BAHASAN OPTIK KELAS X


Linda Lestari , 4201412053 (2016) PENGEMBANGAN SELF ASSESSMENT BERBASIS WEBSITE UNTUK MENGUKUR KETERCAPAIAN LITERASI SAINS SISWA POKOK BAHASAN OPTIK KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil studi PISA terhadap literasi sains siswa yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, terungkap bahwa literasi sains siswa Indonesia selama 12 tahun penilaian yang dilakukan oleh PISA terhadap siswa Indonesia yaitu dari tahun 2000 hingga 2012 justru mengalami penurunan sebanyak 11 poin. Skor rata-rata Indonesia pun tidak pernah di atas skor rata-rata Internasional. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih tergolong rendah sehingga dapat dikatakan pembelajaran sains di Indonesia belum berhasil. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) memperoleh bentuk self assessment yang berkualitas untuk mengukur ketercapaian literasi sains siswa; 2) mengetahui seberapa valid website self assessment yang dikembangkan; 3) mengetahui karakteristik produk yang dikembangkan; 4) mengetahui profil literasi sains siswa dan keefektifan produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Subjek penelitian yaitu siswa kelas X Semester II SMA Negeri 6 Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Hasil implementasi digunakan untuk mengukur ketercapaian literasi sains siswa dan keefektifannya. Hasil penelitian produk memiliki kualitas layak dari segi materi, dan sangat layak dari segi evaluasi dan desain. Hasil penelitian menyatakan bahwa penguasaan literasi sains siswa berada dalam kategori tinggi dengan rerata 83,25%. Sains sebagai batang tubuh pengetahuan mencapai 81%, sains sebagai cara untuk menyelidiki mencapai 85%, sains sebagai cara berfikir mencapai 86% dan interaksi antara sains, teknologi, dan masyarakat mencapai 81%. Produk efektif dalam evaluasi pembelajaran, hal ini ditunjukkan dengan hasil siswa yang telah tuntas mencapai 85,1%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Assessment, Website, Literasi Sains.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 12:30
Last Modified: 09 Oct 2017 12:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26685

Actions (login required)

View Item View Item