PENGEMBANGAN ACADEMIC SKILL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA


Isti Nur Khalimah , 4201412052 (2016) PENGEMBANGAN ACADEMIC SKILL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi awal di SMA Negeri 3 Tegal kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2, rata-rata nilai academic skill awal siswa adalah 41,34. Rendahnya nilai tersebut karena penerapan model pembelajaran yang masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran guided inquiry dapat mengembangkan academic skill dan untuk mengetahui pengaruh academic skill terhadap penguasaan konsep siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasinya yaitu siswa kelas X MIPA 1-4 di SMA Negeri 3 Tegal Tahun Ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 dipilih sebagai kelompok eksperimen. Data hasil penelitian diperoleh dengan lembar observasi academic skill untuk mengamati academic skill awal dan academic skill akhir. Selain itu, dilakukan pretest dan posttest untuk mengetahui penguasaan konsep awal dan akhir siswa. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji gain, uji klasik (uji normalitas, uji homogenitas, dan uji heterokedastisitas) dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh perkembangan rata-rata academic skill siswa adalah sebesar <g>=0,79, peningkatan rata-rata penguasaan konsep siswa adalah sebesar <g>=0,58, academic skill berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa dengan persamaan regresi Y= 1,357+ 0,929 X. Besarnya pengaruh yang disumbangkan oleh variabel academic skill terhadap penguasaan konsep siswa adalah sebesar 42,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided inqury dapat mengembangkan academic skill siswa dan academic skill berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu hendaknya guru lebih memperhatikan model pembelajaran yang dapat mengembangkan academic skill siswa, salah satunya adalah guided inquiry dan hendaknya guru dapat mengasah atau mengembangkan academic skill siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Academic Skill, Model Pembelajaran Guided Inquiry, Penguasaan Konsep Siswa.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 12:27
Last Modified: 09 Oct 2017 12:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26684

Actions (login required)

View Item View Item