SUPLEMEN BAHAN AJAR FISIKA TERINTEGRASI NILAI KONSERVASI MAPEL IPA TERPADU UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMP


Sigit Tri Prasetyo , 4201412045 (2016) SUPLEMEN BAHAN AJAR FISIKA TERINTEGRASI NILAI KONSERVASI MAPEL IPA TERPADU UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 dirancang dengan penguatan pada pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Ketercapaian kompetensi dalam pembelajaran dapat ditunjang dengan menggunakan bahan ajar yang sesuai. Namun beberapa waktu terakhir ditemukan adanya kekurangan pada bahan ajar yang digunakan. Oleh karena itu dibutuhkan suatu bahan ajar pendukung yang efektif dan menarik agar dapat membantu ketercapaian kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen bahan ajar fisika terintegrasi nilai konservasi yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA terpadu, mengetahui perkembangan hasil belajar kognitif dan karakter konservasi. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan menggunakan Quasi Experimental Design berbentuk One Group Pretest and Posttest Design. Hasil uji kelayakan yang ditinjau dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan grafis menunjukkan bahwa suplemen bahan ajar fisika terintegrasi nilai konservasi sangat layak digunakan sebagai pelengkap bahan ajar mapel IPA terpadu. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa suplemen bahan ajar mudah dipahami. Berdasarkan uji coba skala besar, suplemen bahan ajar fisika terintegrasi nilai konservasi dapat mempengaruhi hasil belajar yang ditandai dengan adanya meningkatnya nilai pretest ke posttest dengan besar peningkatan sedang. Suplemen bahan ajar fisika terintegrasi nilai konservasi juga mempengaruhi perkembangan karakter jujur, tanggung jawab, peduli, dan santun dari kategori mulai berkembang menjadi membudaya dengan besar peningkatan sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: suplemen bahan ajar, IPA terpadu, karakter, konservasi.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 12:16
Last Modified: 09 Oct 2017 12:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26682

Actions (login required)

View Item View Item