PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE INTEGRATED TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMP


Asna Istiana , 4201412044 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU TIPE INTEGRATED TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) Terpadu masih banyak permasalahan yang dihadapi, salah satunya adalah lebih menekankan pada hasil belajar yang masih rendah. Berdasarkan hasil observasi yang ada di lapangan pembelajaran sains sering berpusat pada guru dan kurang memperhatikan anak sebagai individu yang unik. Pembelajaran IPA di sekolah masih terpisah-pisah (fisika, kimia, dan biologi diajarkan secara terpisah), sehingga siswa kesulitan untuk memahami materi, hal ini mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMP dan mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar IPA siswa SMP setelah mengunakan model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated. Penelitian ini menggunakan desain penelitian true experimental design dengan pengambilan sampel secara cluster random sampling dan menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated terhadap peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai gain siswa yang menerapkan model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated sebesar 70,23% termasuk kriteria tinggi dan nilai gain siswa yang menerapkan model pembelajaran IPA terpisah sebesar 37,9% termasuk kriteria sedang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran IPA terpadu tipe integrated dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA terpadu, integrated, hasil belajar
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 09 Oct 2017 12:12
Last Modified: 09 Oct 2017 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26681

Actions (login required)

View Item View Item