PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMA KELAS X


Nurul Faizah , 4201412040 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412040.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang belum dapat membedakan kegunaan dari alat ukur. Selain itu, ketika siswa diberi persoalan oleh guru, siswa mengalami kesulitan untuk berpendapat dan mengekspresikan ide-idenya baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan komunikasi ilmiah siswa melalui pembelajaran guided inquiry. Desain dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental tipe Control Group Pretest Posttest, dengan populasi siswa kelas X MIA SMA Negeri 6 Semarang. Sampel yang dipakai adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran guided inquiry non tutorial dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran guided inquiry tutorial. Berdasarkan hasil analisis uji gain, diperoleh pemahaman konsep kelas eksperimen meningkat 0,71 dan kelas kontrol 0,60. Hasil uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji t pihak kanan menunjukkan bahwa nilai

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, Pemahaman Konsep, Keterampilan Komunikasi Ilmiah.
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 18:13
Last Modified: 06 Oct 2017 18:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26680

Actions (login required)

View Item View Item