INTEGRASI TEMBANG POCUNG DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEBAK KATA PADA TEMA ALAT OPTIK UNTUK MENDESKRIPSIKAN SIKAP ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA


Aneng Dewi Saputri , 4201412039 (2016) INTEGRASI TEMBANG POCUNG DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEBAK KATA PADA TEMA ALAT OPTIK UNTUK MENDESKRIPSIKAN SIKAP ILMIAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4201412039.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dengan model dan metode yang mengedepankan sisi akademik dan persaingan individual, mengarahkan siswa menjadi individualis dan pasif. Keadaan kelas dengan siswa individualis dan pasif, mengakibatkan peserta didik kurang bersikap ilmiah dan termotivasi belajar. Oleh sebab itu, perlu diberikan inovasi dalam pembelajaran untuk mengarahkan siswa bersikap ilmiah dan termotivasi belajar. Integrasi tembang pocung dengan model kooperatif dan metode tebak kata dapat dijadikan solusi untuk mengarahkan siswa bersikap ilmiah dan termotivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah, motivasi belajar, dan respon siswa dalam integrasi tembang pocung dalam pembelajaran kooperatif tebak kata. Berdasarkan tujuan penelitian, siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Pati dipilih sebagai sampel penelitian ini. Teknik pengambilan sample dilakukan menggunakan teknik sampling purposive. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan desain one-shot case study. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi sikap ilmiah dan angket motivasi belajar. Data penelitian yang didapatkan dari instrumen dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan diagram sikap ilmiah siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata skor 55,15% di pertemuan I, 62,88% di pertemuan II, dan 71,36% di pertemuan III. Diagram motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata skor 82,83% di pertemuan I, 83,08% di pertemuan II, dan 84,09% di pertemuan III. Respon siswa terhadap integrasi tembang pocung dalam pembelajaran IPA model kooperatif dengan metode tebak kata 51,15% sangat positif, 33,33% positif, dan 15,15% kurang positif. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa penggambaran sikap ilmiah dan motivasi belajar dapat dilakukan melalui integrasi tembang pocung dalam pembelajaran kooperatif tebak kata. Melalui penelitian ini didapatkan bahwa pada integrasi tembang pocung dalam pembelajaran kooperatif tebak kata, sikap ilmiah dan motivasi belajar meningkat, serta respon sangat positif diberikan siswa terhadap pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, sikap ilmiah, tebak kata, tembang pocung
Subjects:
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2017 18:10
Last Modified: 06 Oct 2017 18:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26679

Actions (login required)

View Item View Item