PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP
Yuliana Suryaningsih , 4201412032 (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Sejak tahun 2006 mata pelajaran IPA Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang diterapkan masih menimbulkan permasalahan. Permasalahan pembelajaran yang masih berorientasi pada penguasaan teori, membuat aktivitas siswa menjadi berkurang. Hasil ulangan akhir semester ganjil mata pelajaran IPA tahun ajaran 2015/2016 di SMP Negeri 30 Semarang, menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang rendah dan siswa kurang antusias dalam pembelajaran IPA. Pandangan siswa yang tidak tertarik terhadap pembelajaran IPA, dapat diubah dengan menerapkan media yang dipadukan dengan model pembelajaran. Salah satu media yang tepat diterapkan kepada siswa adalah multimedia interaktif dengan model quantum teaching. Model quantum teaching membiasakan siswa belajar dengan suasana yang menyenangkan, melalui berbagai sugesti positif dan interaksinya dipadukan dengan lingkungan. Penelitian dan pengembangan yang mengkombinasikan multimedia interaktif dengan model pembelajaran quantum teaching perlu diterapkan kepada siswa, terlebih pada materi partikel materi yang membutuhkan visualisasi nyata. Tujuan penelitian dan pengembangan untuk mengetahui tingkat kelayakan multimedia interaktif, dan keefektifan multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian telah dilakukan di SMP Negeri 30 Semarang pada tanggal 20 Mei sampai dengan 27 Mei 2016. Produk multimedia interaktif diujicoba menggunakan Pre-Experimental berbentuk Pretest and Posttest One Grup Design, dengan pengambilan sampel secara purposive sampling atau mengambil satu kelas sebagai sampel. Kelayakan multimedia interaktif diperoleh dari penilaian oleh ahli media dan materi, sedangkan hasil belajar siswa diukur melalui soal tes, angket sikap siswa, dan lembar penilaian keterampilan. Hasil penilaian kelayakan multimedia interaktif oleh ahli media diperoleh 87,5% dengan kriteria sangat baik, penilaian oleh ahli materi diperoleh 92,5% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis nilai gain kognitif siswa diperoleh nilai 0,58 dengan kategori sedang, dan nilai ketuntasan klasikal kelas mencapai 100%. Selain itu, hasil belajar afektif siswa meningkat dari 82,23% pada pertemuan I menjadi 86,21% pada pertemuan II dengan kategori peningkatan sangat baik. Hasil belajar psikomotorik yang dinilai oleh observer mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik dari 84,11% pada pertemuan I menjadi 91,93% pada pertemuan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif pada model quantum teaching layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Quantum Teaching, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 17:54 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 17:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/26676 |
Actions (login required)
View Item |